PATI – Kilasfakta.com, Pilkades serentak tahap pertama bakal digelar 10 April mendatang. Pesta demokrasi memilih pemimpin di tingkat desa itu bakal diikuti 219 desa dari 21 kecamatan di Kabupaten Pati. Terkait dengan pelaksanaan Pilkades, Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Susanto meminta kepada perangkat desa untuk bersikap netral.

“Perangkat desa harus dapat bersikap netral, jangan ikut jadi tim sukses salah satu calon. Hal itu untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkades mendatang,” ujarnya kepada Kilasfakta.com, Kamis, (14/1/2021).

Menurut Susanto, jika perangkat desa ikut menjadi tim sukses, maka bisa berpotensi terjadi konflik kepentingan. Oleh karena itu, lanjutnya, tidak elok, apabila perangkat desa ikut menjadi tim sukses.

“Kalau yang didukung tidak jadi atau tidak terpilih, dan yang terpilih adalah rivalnya, maka perangkat desa yang bersangkutan akan mengalami masalah tersendiri secara personal dengan kepala desa, yang merupakan atasannya,” jelasnya.

Susanto berharap, Pilkades dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan aman. Dan karena saat ini masih dalam kondisi pandemi, maka aparatur di tingkat desa bersama-sama dengan masyarakatnya, dapat mematuhi protokol kesehatan. “Biar covid-19 ini bisa segera berakhir,” pungkasnya.

Pewarta : Purwoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *