PATI – Kilasfakta.com, Pemerintah Kabupaten Pati bakal membangun alun–alun baru di depan pasar Yaik Kembangjoyo pada tahun 2021 ini. Alun-alun baru itu nanti berada di sebelah Hutan Kota Kalidoro dan sudah dianggarkan Rp 10 miliar dengan luas sekitar 300 meter persegi..

Menurut keterangan Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pati, Arief Wahyudi, alun-alun itu terletak di sebelah Hutan Kota Kalidoro, yang lokasinya akan dikelilingi berbagai pepohonan hijau. Pembangunannya dimulai tahun ini dan akan selesai pada tahun 2021 ini juga.

Terkait dengan rencana pembangunan alun-alun baru ini, Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, Narso menyambut baik rencana Pemkab Pati tersebut. Narso berharap, alun-alun ini dapat menampung para PKL (Pedagang Kaki Lima), terutama PKL yang dulu pernah berjualan di alun-alun simpanglima Pati.

“Rencana Pemkab Pati ini menjadi angin segar bagi para PKL. Mereka harus diutamakan ditampung agar dapat berjualan dialun-alun mini tersebut. Dengan hadirnya PKL-PKL di sana, pasti akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Narso kepada Kilasfakta.com, Jumat (22/1/2021).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, alun-alun ini nanti akan dibangun dengan dibuat alam terbuka hijau menyerupai lapangan. Sehingga, lanjut Narso, akan dapat memperindah wajah kota Pati dan juga mampu menampung banyak penjual atau pedagang. “Lokasinya yang strategis di tepi jalan, tentu saja akan mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke alun-alun tersebut dan sekaligus akan berpotensi meningkatkan optimalisasi penjualan barang dagangan bagi para PKL,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Narso berharap, rencana Pemkab Pati itu dapat segera terealisasi, sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada. Sehingga target dari rencana pembangunan alun-alun baru itu dapat terpenuhi, dan masyarakat dapat mencari hiburan dengan sekedar jalan-jalan sambil menikmati keramaian alun-alun dengan segala pernak perniknya. “Semoga rencana Pemkab Pati ini berjalan lancar, mulai tahap perencanaan sampai ke finish pembangunannya,” pungkas Narso.

Pewarta : Purwoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *