Klaten – Kilas fakta.com, Dukuh Selap Desa Kemiri Kec.Tulung- Klaten, dikukuhkan sebagai kampung Siaga Covid -19. Kampung siaga binaan Kodim 0723 dan Polres Klaten tersebut dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah virus covid -19 di wilayah Kabupaten Klaten,dilaunching pada hari Minggu,7/6/20.

Kapolsek Tulung, Iptu Jaka Waluya menuturkan, bahwa kampung siaga Covid -19 ini, adalah kampung percontohan untuk pencegahan penyebaran wabah virus covid 19, sehingga masyarakat Dukuh Selap Desa Kemiri, harus senantiasa tetap waspada dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah diatur oleh pemerintah.

Atas kukuhkannya kampung siaga ini, maka masyarakat dukuh Selap ini harus patuh dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Antara lain, masyarakat harus selalu membiasakan mencuci tangan dengan sabun serta air yang mengalir, selalu menjaga jarak, apabila bepergian harus memakai masker,menghindari kerumunan serta menjaga kesehatan masing- masing dengan makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan imun dalam tubuh ,”tutur Iptu Jaka Waluya.

Lebih lanjut,Kapolsek mewanti wanti,terkait dengan ditetapkannya Kabupaten Klaten status New Normal,maka masyarakat harus benar benar mematuhinya anjuran dari pemerintah.

Selama ini masyarakat belum banyak yang memahami terkait new normal atau tatanan baru beradaptasi dengan Covid-19. Apalagi dipedesaan seperti ini sangat perlu untuk digalakan pencegahan penyebaran virus covid -19.

Kalau ada tamu dari luar dukuh Selap desa Kemiri, diharuskan untuk pengecekan suhu. Dan Pemerintah desa Kemiri harus menyediakan tempat isolasi bagi pemudik dari Jakarta maupun dari kota kota besar lainnya. Dan kebetulan di dukuh Selap ini sudah ada rumah untuk isolasi, bagi warganya yang pulang dari perantauan, dan sudah banyak masyarakat dukuh ini yang memakai masker serta membiasakan PHBS, dukuh Selap desa Kemiri ini adalah satu satunya kampung Siaga yang ada di Kec Tulung dari 18 desa,” imbuh Kapolsek.

Sementara itu,Camat Tulung Suyamto meminta kepada masyarakat untuk dapat melaksanakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari. Dimana, pemerintah sedang mengalakan program new normal tersebut. Kita harus bersama sama mencegah virus Corona.

Pokoknya, warga harus dapat menghindari kerumunan, jaga jarak,cuci tangan pakai sabun,” pinta Pak Camat. Kepala Desa Kemiri, Juremi sangat berterimakasih kepada Pak Camat,Pak Kapolsek,dan Pak Danramil Tulung yang telah menunjuk desa Kemiri ini jadi kampung Siaga Covid 19 di Kec. Tulung. Dan berharap agar masyarakat di desa Kemiri harus bisa menjadi desa percontohan bagi desa lainnya di Kab. Klaten,untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid -19,dan semoga pandemi covid -19 segera berakhir,”pungkas Juremi.

(Pur)

Terima kasih atas tanggapannya

%d blogger menyukai ini: