Views: 14
0 0
Kapolres Dan Forkompinda Klaten Resmikan Kampung Siaga Covid-19 di Desa Jomboran Kec. Klaten Tengah
Categories: kesehatan

Kapolres Dan Forkompinda Klaten Resmikan Kampung Siaga Covid-19 di Desa Jomboran Kec. Klaten Tengah

Read Time:2 Minute, 24 Second

Klaten – Kilasfakta.com, Desa Jomboran Kec.Klaten Tengah di tetapkan sebagai kampung siaga antisipasi penyebaran virus corona.

Di resmikan oleh Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo bersama unsur Forkompinda Kab. Klaten, Di balai desa Jomboran. Selasa (14/4/20)

kampung siaga antisipasi virus covid-19 merupakan salah satu bentuk kesiapan warga dalam menghadapi wabah virus corona baik aspek kesehatan maupun ekonomi.

Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo memaparkan ,desa Jomboran ini akan kita jadikan percontohan untuk desa-desa yang lain di Kab. Klaten. Yang mana mereka sudah mempunyai SOP terkait pencegahan penularan virus covid 19.

Lebih lanjut, Kapolres menambahkan, bahwa desa Jomboran dinilai sudah cukup baik, dalam mempersiapkan prosedur dan sarana prasana,dalam penanganan wabah covid 19, seperti pembentukan posko 24 jam dan relawan desa.

Memberlakukan SOP kepulangan warga yang merantau, penyiapan rumah isolasi bagi perantau, memperlakukan wajib memakai masker kalau keluar rumah, dan penyiapan alat cuci tangan di depan rumah masing- masing warga desa Jomboran .

Kemudian untuk masalah ekonomi, desa Jomboran juga sudah mulai bergerak dengan menyiapkan jaring pengaman sosial swadaya.

Nantinya warga yang sudah mampu dalam hal finansial di desa jomboran, akan diberikan tugas untuk memenuhi kebutuhan pokok tetangganya yang kurang mampu yang tidak tercover oleh bantuan pemerintah pusat maupun daerah.

Kapolres juga mengingatkan, kepada semua pihak untuk tidak diskriminatif kepada tenaga medis. Karena mereka inilah pejuang terdepan dalam memerangi virus covid-19 ini, dan perannya sangat sulit digantikan oleh orang lain, karena mereka punya keahlian khusus di bidang medis.
Jangan justru melemahkan moral tenaga medis ini.

Jika tenaga medis ini banyak yang tertular, siapa yang akan merawat pasien-pasien kita. Para dokter dan perawat ini harus sehat, makanya harus kita dukung.papar Kapolres Klaten.

Sementara itu Dandim 0723/Klaten, Letkol Kav Minarso, saat memberikan sambutan sangat mendukung pembentukan desa siaga covid-19 ini. Wabah covid 19 ini adalah bencana bersama, yang harus kita diatasi secara bersama-sama, kita harus saling bahu membahu mulai dari lini terbawah yaitu Rt dan RW.

Jika ada tetangga kita yang sakit segera diingatkan, jika ada yang tidak memakai masker diingatkan, diberi. Jadi hal-hal yang sekecil apapun, akan kita mulai dari diri kita sendiri yang harus memulainya.

Dandim 0723 Klaten berharap,Terkait diskriminasi kepada pasien dan korban meninggal akibat covid-19 di daerah lain, Forkompimda Klaten sepakat hal tersebut jangan sampai terjadi di wilayah Kab. Klaten.

Semuanya harus mengedepankan empati dan berfikir rasional, bahwa apa yang dijalankan sudah sesuai dengan SOP dan aman bagi warga sekitar.

Siapapun yang meninggal karena wabah virus covid 19 ini, harus dimakamkan dengan selayak layaknya. Mereka ini sedang terkena musibah, keluarganya sudah tentu sedang berduka dan sedih.

Meninggal di saat wabah virus corona terpaksa tidak ada orang yang melayat, keluarga tidak bisa memandikan sendiri jenasah keluarganya, karena penanganan jenazah virus covid 19 harus sesuai SOP yang ditentukan oleh pemerintah.

Ditambah lagi, kalau ada pihak yang menolaknya,maka keluarga jenasah sangat sedih sekali.pungkas Lelkol Kav Minarso.

(Pur)

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
kilasfakta

Recent Posts

KOKAM dan SAR Muhammadiyah Ngawi Gelar LATGAB, “Penanganan Pohon Tumbang dan Snake Rescue

    NGAWI - Kilasfakta.com. Komando kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah yang selanjutnya disingkatKOKAM Pemuda Muhammadiyah…

29/11/2021

Musim Penghujan, Dewan Pati Minta Warga Gotong Royong Antisipasi Banjir

PATI – Kilasfakta.com, Intensitas curah hujan saat sekarang sudah mulai tinggi, dan mengakibatkan banjir di…

29/11/2021

Vaksinasi Desa Karang Jompo Diselenggarakan Rutin Seminggu Sekali

PEKALONGAN - Kilasfakta.com, Dalam rangka mendukung percepatan Vaksinasi dan untuk menekan berkembangnya Virus Covid-19 Pemerintah…

28/11/2021

Acara “Rembug Desa” Desa Cepiring Kabupaten Kendal Memanas

CEPIRING - Kilasfakta.com - Dengan Tema "Klarifikasi Bumdes" Berlangsung Seru Dalam Suasana Memanas, Jumat 26/11/2021…

27/11/2021

Aksi Damai Ormas Pemuda Pancasila Jateng, Tuntut Junimart Girsang Meminta Maaf Lewat Media Nasional

SEMARANG - Kilasfakta.com - Organisasi massa (Ormas) Pemuda Pancasila melakukan Aksi Damai di Kantor DPRD…

27/11/2021

Dewan Pati Minta Warga Pahami Rencana Pemberlakuan PPKM Level 3

PATI – Kilasfakta.com, Informasi terkait rencana pemerintah yang bakal memberlakukan PPKM Leve3 secara serentak mulai…

26/11/2021