PATI – Kilasfakta.com, Ketua Komisi B Sutarto Oenthersa, SH mengapresiasi pelaksanaan tradisi sedekah laut dengan melarung sesaji di Desa Bendar dan Trimulyo yang dilaksanakan secara sederhana. Larung saji dilaksanakan hari ini Minggu (16/5/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya, dirinya ikut bersyukur tradisi larung saji bisa dilaksanakan pada tahun ini meskipun dalam kondisi pandemi covid-19. “Walaupun dilaksanakan secara sederhanan dan terbatas, namun kegiatan ini dapat terselenggarakan dengan baik. Dan inti dari pelaksanaan sedekah laut larung sesaji dapat terpenuhi secara lancar dan sukses,” ujarnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang lebih akrab disapa Kokok ini menambahkan, tradisi yang sudah rutin diselenggarakan tiap tahun ini memang perlu terus dilestarikan. “Semoga, dengan diselenggarakannya Sedekah Laut dan Larung Sesaji ini, masyarakat, khususnya warga Desa Bendar dan Trimulyo dapat lebih sejahtera, dijauhkan dari mara bahaya, dan kehidupan bermasyarakatnya dapat semakin sejahtera,” imbuhnya.

Tradisi sedekah laut dan larung sesaji di Desa Bendar dan Trimulyo dilaksanakan hari ini, Minggu 16 Mei 2021, secara sederhana dan terbatas. Acara diawali dengan mengarak kesenian tradisional barongan mulai sekitar pukul 06.00 WIB ke rumah kepala desa, kemudian diarak ke balai desa Bendar dan dimulai prosesi memutar desa. Dalam rombongan arak-arakan juga diikuti replika kapal berisi kepala kambing dan sesaji yang mereka sebut sebagai pralambang doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT.

Pewarta : Purwoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *