JEPARA – Kilasfakta.com, Kegiatan perpisahan mahasiswa-mahasiswi dari Tim KKN Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara Angkatan XII desa Batealit, menyelenggarakan kegiatan Festival Seni dan Budaya dengan tema “ Lestari Budaya Bentuk Karakter Generasi Muda”.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, pada hari Kamis, 03 Maret 2022 pada pukul 07.00 – 17.00 WIB. Kegiatan yang dihadiri oleh Ali Asikin Kades / Petinggi desa Batealit, Danramil 03/Batealit Kapten Chb Purwanto, Ketua BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat desa, personil linmas desa, Toga, Tomas, warga masyarakat, dan mahasiswa-mahasiswi KKN Unisnu.

Dalam kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ali Asikin Petinggi desa Batealit. Dia memberikan sambutan bahwa pemerintah Desa Batealit sangat berterima kasih kepada Tim KKN Unisnu, karena sudah mengangkat kembali budaya yang ada, khususnya di desa Batealit.

“Dengan adanya festival ini kami berharap masyarakat desa Batealit dapat melestarikan kembali budaya yang sudah ada,” tambah Ali Asikin.

Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kurangnya ketertarikan anak muda terhadap kebudayaan tradisional khususnya pemuda desa Batealit, dimana saat ini budaya lokal tergerus oleh budaya luar yang kemungkinan dapat menghilangkan tradisi lama.

Ketua panitia Muhammad Sadam Husein mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk  menumbuhkan rasa berbudaya terhadap pemuda dan masyarakat, mengangkat budaya lokal ke Internasional, meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni dikalangan mahasiswa untuk memperkaya seni budaya Bangsa Indonesia yang dapat memperkuat daya saing bangsa di era globalisasi saat ini.

“Hal itu, sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan kegiatan festival yang telah diselenggarakan oleh Tim KKN Unisnu Desa Batealit,” ujarnya.

Dalam kegiatan festival ini, Tim KKN Desa Batealit bekerja sama dengan Perupa Art Jepara dan Bate Art desa Batealit. Acara festival menampilkan beberapa pertunjukan, diantaranya yaitu Tari Sanggar Laras Batealit, Teater Tuman, Pertunjukan Reog Karyo Budhoyo, Pameran Seni Rupa oleh Perupa Art Jepara, dan jenis seni Budaya lainnya.

Tampak di lokasi, warga sekitar terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara ini, tidak dari kalangan dewasa saja, tetapi anak-anak juga ikut larut dalam menyaksikan acara festival ini.

“Kegiatan festival oleh Tim KKN Unisnu ini, dapat menumbuhkan rasa semangat cinta kesenian tradisional, khususnya bagi anak muda desa Batealit Saya senang melihat acara ini, banyak anak-anak yang ikut serta,” tutur salah satu warga yang ikut menyaksikan langsung.

Perpisahan Tim KKN Unisnu dan Festival Seni Budaya tersebut di tutup dengan penampilan live musik akustik oleh “Lagress Music”.

( Khus – jpr )

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *