Views: 18
0 0
Malam 1 Suro, Pemdes Rowobelang Gelar Ruwatan
Categories: advertorialbudaya

Malam 1 Suro, Pemdes Rowobelang Gelar Ruwatan

Read Time:1 Minute, 23 Second

BATANG-Kilasfakta.com, Ruwatan merupakan tradisi atau budaya yang sangat kental bagi masyarakat di pulau Jawa khususnya di Jawa Tengah. Malam 1 muharam atau 1 syura dikenal sebagai malam tahun baru hijriah bagi umat islam di seluruh dunia.

Warga masyarakat Desa Rowobelang Kecamatan Batang Kabupaten Batang Jawa Tengah mengadakan pagelaran wayang golek dalam rangka ruwat bumi di malam peringatan HUT proklamasi Kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia dengan tema perjalanan agama islam di negara kita oleh Walisongo bersama ki Dalang Wahyudin dari Wonotunggal, Batang.

rRuwat bumi di Desa Rowobelang termasuk daerah yang masih kuat mempertahankan tradisi atau budaya tersebut. Pagelaran wayang golek di malam 1 syuro ini merupakan keinginan atau animo masyarakat setiap tahunnya.

aAcara tersebut dibuka oleh Dulsipur yang menjabat sebagai Kepala Desa Rowobelang. Untuk keamanan acara ini dihadiri oleh babinsa dan babinkamtibmas serta beberapa personil polisi dari Polres Batang. Hadir pula para sesepuh dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya kepala desa menyampaikan dan berpesan kepada warganya untuk selalu berhati hati dimasa pandemi covid 19 seperti sekarang ini. Warga diminta untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan menjaga kebersihan seprti cuci tangan selalu pakai masker dan mempererat persaudaraan serta memperkuat rasa persatuan dan kesatuan demi terciptanya masyarakat yang adil, makmur, sejahtera dengan penuh kedamaian.

Kepala desa sebagai pemerintah desa hanya bisa memfasilitasi keinginan masyarakat dan berharap kepada warga dalam acara ini selalu menjaga ketertiban dan semoga lancar tidak ada halangan sedikitpun. Dengan adanya tradisi atau budaya seperti ini masyarakat sangat antusias dan berbondong bondong mengikuti acara ruwat bumi dengan pertunjukan wayang golek di malam 1 syuro ini.

Panitia penyelenggara sangat berterima kasih kepada warga masyarakat yang berpartisipasi mengikuti pertunjukan wayang golek semalam suntuk sampai selesai..salam. MERDEKA!!! (K idris)

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
kilasfakta

Recent Posts

Jumat Berkah Bagi-Bagi Nasi Sewelas Coffee

PATI - Kilasfakta.com, Pati (03/12/2021) - Sewelas Coffee terus mendulang pahala dan keberkahan dengan menggelar…

03/12/2021

Angka Covid-19 Menurun, Bupati Minta HIPMI Dukung Pemulihan Ekonomi Lokal

PATI - Kilasfakta.com, Kasus Covid-19 di Pati menunjukkan tren penurunan sejak beberapa bulan terakhir. Data…

03/12/2021

Dukung Vaksinasi, Wakil Ketua II DPRD Pati Minta Warga Tidak Takut Divaksin

PATI – Kilasfakta.com, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati, Hardi meminta warga untuk tidak takut…

30/11/2021

Pengurus PWI Kabupaten Pati Masa Bakti 2021-2024 Dilantik

PATI - Kilasfakta.com, Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati Masa bakti 2021-2024 dilantik dan…

30/11/2021

PATI – Kilasfakta.com, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati, Hari meminta warga untuk tidak takut…

30/11/2021

Belum Selesai, DPRD Pati Perpanjang Pembahasan Tiga Raperda

PATI – Kilasfakta.com, Gabungan komisi di DPRD Kabupaten Pati akhirnya sepakat menambah waktu untuk membahasa…

30/11/2021