Views: 13
0 0
Masa Pandemik, Prosesi Hari Jadi Pati Disederhanakan
Categories: pemerintah

Masa Pandemik, Prosesi Hari Jadi Pati Disederhanakan

Read Time:1 Minute, 53 Second

PATI-Kilasfakta.com, Pemkab Pati bakal menyederhanakan prosesi peringatan Hari Jadinya yang ke 697 dan HUT ke 75 RI di tengah pandemi Covid-19.

Rapat persiapan memperingati hari bersejarah itu dilaksanakan di ruang Penjawi, Kamis (23/7), dipimpin Bupati Pati Haryanto bersama para Kepala OPD dengan menjalankan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu, bupati mengatakan untuk hiburan ketoprak yang selama ini rutin diselenggarakan dalam memperingati Hari Jadi Pati, nantinya tetap digelar namun tanpa adanya panggung dan digelar lebih sederhana dengan durasi yang singkat di Pendopo Desa Sarirejo.

“Ini untuk tradisi yang tidak bisa ditinggalkan. Untuk ada atau tidaknya pagelaran ketoprak, menurut saya dari dulu memang tidak harus ada. Sebab ketoprak ini memang maraknya pada zaman dulu. Namun, agar tidak menjadi beban pikiran, ketoprak ini dapat digelar sama halnya dengan tradisi sedekah bumi, yaitu durasi 1 atau 1,5 jam,” jelasnya.

Pilihan lainnya​ adalah, ketoprak tersebut dapat digelar secara virtual. Seperti yang dilaksanakan di SKB. Sedangkan untuk selametan​ atau bancaan, Bupati mengimbau agar tetap digelar namun dengan jumlah yang terbatas.
“Untuk nasi tasyakuran dapat dibagikan dulu ke masyarakat dan yang mengikuti selametan​ hanya terbatas.

“Di desa – desa kan juga gitu. Mau didoakan dulu bisa, atau dibagikan nanti bagaimana baiknya. Namun yang mengikuti tetap terbatas. Sebab kita juga mengedukasi masyarakat untuk tidak mengadakan acara kumpul – kumpul”, tegasnya.

Sedangkan terkait acara pidato kenegaraan, Bupati menyebut bahwa untuk Forkopimda menghadiri di DPRD bersama para anggota dewan. Sementara untuk para Kepala OPD, menyaksikan secara virtual di Pendopo.

Bupati menambahkan, untuk acara ziarah, nanti pun pelaksanaannya terbatas. Forkopimda bersama panitiam kurang lebih 15 sampai 20 orang saja. “Untuk HUT RI, kita kan mengikuti pemerintah pusat, yakni secara virtual”, imbuhnya.

Untuk penyelenggaraan kegiatan Taptu, lanjut bupati, ditiadakan, dan untuk renungan suci di makam pahlawan tetap ada namun dengan jumlah terbatas.

Meskipun demikian, bupati masih memberikan pilihan, apabila renungan suci diikuti oleh sekitar 30 orang saja, maka dapat diganti menjadi ziarah makam pahlawan dan jadwalnya berubah menjadi pagi, siang atau sore.

“Untuk remisi, kita laksanakan secara virtual. Sebab secara protokol kesehatan, memang belum boleh ada yang membesuk. Nanti bisa diatur di Pendopo melalui zoom,” imbuhnya.

Sedangkan untuk penurunan bendera, karena upacara bendera itu mengikuti anjuran pemerintah pusat secara virtual maka penurunan bendera juga sama. Namun, lanjutnya, nanti akan menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. (Wk)

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
kilasfakta

Recent Posts

KOKAM dan SAR Muhammadiyah Ngawi Gelar LATGAB, “Penanganan Pohon Tumbang dan Snake Rescue

    NGAWI - Kilasfakta.com. Komando kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah yang selanjutnya disingkatKOKAM Pemuda Muhammadiyah…

29/11/2021

Musim Penghujan, Dewan Pati Minta Warga Gotong Royong Antisipasi Banjir

PATI – Kilasfakta.com, Intensitas curah hujan saat sekarang sudah mulai tinggi, dan mengakibatkan banjir di…

29/11/2021

Vaksinasi Desa Karang Jompo Diselenggarakan Rutin Seminggu Sekali

PEKALONGAN - Kilasfakta.com, Dalam rangka mendukung percepatan Vaksinasi dan untuk menekan berkembangnya Virus Covid-19 Pemerintah…

28/11/2021

Acara “Rembug Desa” Desa Cepiring Kabupaten Kendal Memanas

CEPIRING - Kilasfakta.com - Dengan Tema "Klarifikasi Bumdes" Berlangsung Seru Dalam Suasana Memanas, Jumat 26/11/2021…

27/11/2021

Aksi Damai Ormas Pemuda Pancasila Jateng, Tuntut Junimart Girsang Meminta Maaf Lewat Media Nasional

SEMARANG - Kilasfakta.com - Organisasi massa (Ormas) Pemuda Pancasila melakukan Aksi Damai di Kantor DPRD…

27/11/2021

Dewan Pati Minta Warga Pahami Rencana Pemberlakuan PPKM Level 3

PATI – Kilasfakta.com, Informasi terkait rencana pemerintah yang bakal memberlakukan PPKM Leve3 secara serentak mulai…

26/11/2021