Views: 39
0 0
Musrenbang RKPD Tahun 2020 Kabupaten Ngawi Digelar Secara Online
Categories: Pembangunan

Musrenbang RKPD Tahun 2020 Kabupaten Ngawi Digelar Secara Online

Read Time:3 Minute, 0 Second

Ngawi – Kilasfakta.com, Ditengah wabah Covid – 19 Pemerintah Kabupaten Ngawi sukses menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( MUSRENBANG ) Kabupaten Ngawi guna menyusun perencanaan akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ) tahun 2021 sekaligus sebagai landasan penyusunan kebijakan umum anggaran atau prioritas rancangan APBD tahun 2021.

Musrenbang dilaksanakan melalui teleconference di ruang Command Center Kabupaten Ngawi Selasa 7 April 2020 yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai serta dibuka langsung oleh Kepala BAPPEPROV Jawa Timur.

Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono atau yang akrab di panggil Mbah kung mengungkapkan bahwa akan mengoptimalkan semua rencana pembangunan di Kabupaten Ngawi untuk tahun 2021 meskipun situasi yang tidak menentu di tengah pandemi Covid – 19 ini. Beliau menyebutkan ada enam prioritas yang harus diperhatikan di Kabupaten Ngawi yaitu penurunan tingkat kemiskinan, peningkatan kualitas pelayanan dasar, pembangunan ekonomi, peningkatan kualitas infrastruktur, pemantapan tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi, serta peningkatan kondusivitas daerah melalui peningkatan keagamaan dan kearifan lokal.

Harapannya dapat tercapai semua untuk keenam prioritas ini walaupun anggarannya dapat bergeser untuk menangani pandemi Covid – 19 selama belum berakhir yang dapat berdampak pada pembangunan daerah. “Untuk pandemi Covid – 19 saat ini kebijakan yang diambil oleh Pemerintah daerah adalah harus memangkas anggaran pada OPD yang mencapai jumlah 164 milyar dari total anggaran 2,1 triliyun,” ungkap Bupati Ngawi.

Keenam prioritas ini merupakan jawaban dari permasalahan yang ada apalagi angka kemiskinan di Kabupaten Ngawi yang masih tinggi, Indeks Pertumbuhan Masyarakat yang masih dibawah Provinsi Jawa Timur, akses optimal untuk kawasan industri guna menunjang perekonomian, kesehatan dan yang lainnya. Sehingga kedepannya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) diharapkan dapat tercapai melalui enam prioritas tersebut.

Pemerintah Kabupaten Ngawi juga fokus untuk pelaksanaan Perpres: 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Wilayah Jawa Timur, untuk fokus pada pembangunan guna meningkatkan nilai tambah agroindustri maupun agropolitan. Yaitu pembangunan Kawasan Tradisional Kepatihan, Pasar Besar Ngawi dan Agro Techno Park ( ATP ) Ngrambe, pembangunan kawasan Industri Ngawi serta pembangunan interchange Walikukun.

Saat teleconference berlangsung ada tiga perwakilan pertanyaan yang disampaikan kepada Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono yaitu dari Kepala Desa Mangunharjo mewakili Kecamatan Ngawi, Kepala Desa Sekarjati dan unsur LSM. Dari pertanyaan tersebut langsung ditanggapi baik itu infrastruktur, penerangan jalan umum serta ketersediaan air bersih oleh Kepala Dinas terkait yaitu Kepala DPUPR Suroso serta Kepala Dinas PERKIM Purwono. Dan untuk yang belum berkesempatan bertanya ataupun saran dapat dilanjutkan dengan akomodir pertanyaan chat online untuk disampaikan ke OPD terkait sebagai bahan penyempurnaan Rancangan Renja OPD tahun 2021 melalui email sampai tanggal 8 April 2020 pukul 23.59 WIB.

Kepala BAPPELITBANG Kabupaten Ngawi Indah Kusumawardhani, SPt.M.Si mengungkapkan rasa syukurnya untuk MUSRENBANG RKPD NGAWI TAHUN 2020 dapat berjalan dengan lancar apalagi MUSRENBANG ini sempat tertunda yang seharusnya sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu akibat dampak dari mewabahnya Covid – 19. “Acara digelar melalui teleconference dengan aplikasi Zoom meeting yang dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang harus diikuti oleh seluruh peserta MUSRENBANG RKPD Kabupaten Ngawi tahun 2020,” ungkap Indah Kusumawardhani selaku Kepala BAPPELITBANG Kabupaten Ngawi.

Turut hadir langsung dalam acara tersebut ialah Bupati Ngawi, Wakil Bupati Ngawi, Ketua DPRD, Kapolres Ngawi, Komandan Kodim 0805, Kepala Kejaksaan Negeri, Sekretaris Daerah Ngawi, perwakilan empat unsur OPD, perwakilan enam unsur Kecamatan, unsur akademisi, LSM, organisasi perempuan, tokoh agama, unsur Desa dan forum anak.

Dalam MUSRENBANG RKPD Kabupaten Ngawi tahun 2020 diberikan penghargaan kepada enam kecamatan yang berprestasi yaitu Kecamatan Karangjati, Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Jogorogo, Kecamatan Kedunggalar, Kecamatan Kendal dan Kecamatan Kasreman. Diharapkan untuk kedepanya Kecamatan yang belum memperoleh penghargaan dapat berusaha dengan baik.

Bupati Ngawi dalam penutupannya tidak lupa menghimbau kepada semua Camat dan Kepala Desa untuk terus mensosialisasikan antisipasi Covid – 19 di Kabupaten Ngawi, termasuk wajib menggunakan masker apabila keluar rumah.

(Adv BAPPELITBANG/Sony)

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
kilasfakta

Recent Posts

Jumat Berkah Bagi-Bagi Nasi Sewelas Coffee

PATI - Kilasfakta.com, Pati (03/12/2021) - Sewelas Coffee terus mendulang pahala dan keberkahan dengan menggelar…

03/12/2021

Angka Covid-19 Menurun, Bupati Minta HIPMI Dukung Pemulihan Ekonomi Lokal

PATI - Kilasfakta.com, Kasus Covid-19 di Pati menunjukkan tren penurunan sejak beberapa bulan terakhir. Data…

03/12/2021

Dukung Vaksinasi, Wakil Ketua II DPRD Pati Minta Warga Tidak Takut Divaksin

PATI – Kilasfakta.com, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati, Hardi meminta warga untuk tidak takut…

30/11/2021

Pengurus PWI Kabupaten Pati Masa Bakti 2021-2024 Dilantik

PATI - Kilasfakta.com, Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati Masa bakti 2021-2024 dilantik dan…

30/11/2021

PATI – Kilasfakta.com, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati, Hari meminta warga untuk tidak takut…

30/11/2021

Belum Selesai, DPRD Pati Perpanjang Pembahasan Tiga Raperda

PATI – Kilasfakta.com, Gabungan komisi di DPRD Kabupaten Pati akhirnya sepakat menambah waktu untuk membahasa…

30/11/2021