NGAWI – kilasfakta.com. Guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) pada warga, PemDes Gayam, bersama Puskesmas Kendal dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Kendal , melaksanakan Vaksinasi pertama gelombang ke dua (COVID-19) di Balai Desa Gayam, Senin (23/08/2021).

“Kegiatan ini yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Kendal melibatkan Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh masyarakat dan bekerja sama dengan aparatur Pemerintah Desa Gayam Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi.”

Kepala Desa Gayam, Siti Rahmah bersyukur masyarakat Desa Gayam mempunyai kesadaran yang cukup tinggi untuk membentuk kekebalan tubuh dari pengaruh virus COVID-19. Terbukti jumlah warga yang hadir sangat antusias.

“Saya terharu dan bangga, karena warga sangat antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 ini walaupun di tengah beredarnya hoax negatif tentang vaksin tersebut di media sosial (medsos),” kata Kades Gayam di sela-sela kegiatan vaksinasi berlangsung.

Tidak hanya fokus pada kegiatan vaksinasi saja, namun petugas kesehatan juga memberikan edukasi kepada warga yang hadir akan pentingnya vaksinasi. Edukasi tidak hanya satu arah bahkan dilakukan dua arah, dimana warga yang hadir juga ikut bertanya kegunaan vaksinasi dan efek yang ditimbulkan, serta langsung dijawab oleh petugas.

Semakin banyak warga desa divaksin, akan semakin kuat pertahanan kelompok, sehingga penularan COVID-19 semakin kecil. Jangan percaya hoax, tak ada vaksin membunuh warga. Negara sedang ingin menyelamatkan warganya, terangnya.

Terimakasih juga kepada masyarakat Gayam yang telah melakukan vaksinasi covid-19 gelombang ke 2 untuk vaksin pertama. Dengan kita melakukan Vaksin setidaknya kita telah mencegah terjadinya penyebaran covid-19 pada diri kita keluarga dan orang lain,” pungkasnya.

(Agus Cahyono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *