Views: 43
0 0
Pemdes Hargomulyo Bangun Talud Jalan untuk Mencegah Longsor

Pemdes Hargomulyo Bangun Talud Jalan untuk Mencegah Longsor

Read Time:1 Minute, 39 Second

NGAWI-Kilasfakta.com, JATIM
Untuk penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2020, Pemerintah Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi, Jawa Timur melakukan pembangunan infrastruktur berupa talud. Mengingat infrastruktur termasuk kebutuhan masyarakat yang sangat penting dalam menunjang perekonomian warga masyarakat sekitar, apalagi infrastruktur jalan/talud di wilayah pegunungan/pedesaan.

Pembangunan talud jalan tersebut guna untuk mencegah terjadinya longsor/ambrol pada jalan saat di musim hujan.
Kepala Desa (Kades) Hargomulyo, Susilo menyampaikan, pembangunan talud jalan dari anggaran DD tahun 2020 tahap pertama ini sudah selesai di Dusun Bulurejo RT 01 RW 06. Adanya pembangunan talud jalan ini untuk mencegah terjadinya kelongsoran pada jalan, di saat musim penghujan supaya jalan desa pun bisa menjadi kuat dan tidak mudah rusak, yang bisa mengakibatkan aktivitas masyarakat dan pengguna jalan nanti menjadi terganggu.


“Pembangunan talud ini bertujuan supaya jalan tidak mudah longsor atau ambrol dan bisa mencegah terjadinya kerusakan pada jalan, sehingga aktivitas warga tetap bisa lancar yang bisa menjadikan peningkatan perekonomian masyarakat desa menjadi lebih baik,” katanya.


Menurut kades, pembangunan talud punya dampak positif untuk menunjang perekonomian warga masyarakat, utamanya di desa pegunungan.

“Seperti dalam aktivitasnya sehari-sehari, warga di sini bisa lancar bila jalannya bagus dan tidak terjadi bencana, seperti jalan ambrol atau longsor karena mengingat Desa Hargomulyo ini wilayahnya pegunungan. Jadi jalannya rawan ambrol bila tidak ada taludnya. Maka dari itu untuk pembangunan talud sangatlah penting untuk mencegah terjadinya bencana jalan ambrol atau longsor. Karena, kalau sampai terjadi ada jalan yang ambrol akan bisa menghambat aktivitas pengguna jalan dan berdampak buruk pada ekonomi warga nantinya,” tambahnya.


Susilo juga berharap setelah adanya pembangunan talud tersebut bisa manfaat untuk masyarakat pengguna jalan dan kedepanya bisa meningkatkan ekonomi warga masyarakat. Khususnya warga Desa Hargomulyo, dengan dampak peningkatan ekonomi yang lebih baik tanpa ada kendala jalan rusak/ambrol.


“Harapan kami, setelah pembangunan talud tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat pengguna jalan dan warga sekitar untuk dapat beraktivitas dengan lancar adanya akses jalan yang baik tanpa ada terjadi kendala jalan desa yang rusak atau ambrol,” pungkasnya. (c.roviek.s)

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
kilasfakta

Recent Posts

KOKAM dan SAR Muhammadiyah Ngawi Gelar LATGAB, “Penanganan Pohon Tumbang dan Snake Rescue

    NGAWI - Kilasfakta.com. Komando kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah yang selanjutnya disingkatKOKAM Pemuda Muhammadiyah…

29/11/2021

Musim Penghujan, Dewan Pati Minta Warga Gotong Royong Antisipasi Banjir

PATI – Kilasfakta.com, Intensitas curah hujan saat sekarang sudah mulai tinggi, dan mengakibatkan banjir di…

29/11/2021

Vaksinasi Desa Karang Jompo Diselenggarakan Rutin Seminggu Sekali

PEKALONGAN - Kilasfakta.com, Dalam rangka mendukung percepatan Vaksinasi dan untuk menekan berkembangnya Virus Covid-19 Pemerintah…

28/11/2021

Acara “Rembug Desa” Desa Cepiring Kabupaten Kendal Memanas

CEPIRING - Kilasfakta.com - Dengan Tema "Klarifikasi Bumdes" Berlangsung Seru Dalam Suasana Memanas, Jumat 26/11/2021…

27/11/2021

Aksi Damai Ormas Pemuda Pancasila Jateng, Tuntut Junimart Girsang Meminta Maaf Lewat Media Nasional

SEMARANG - Kilasfakta.com - Organisasi massa (Ormas) Pemuda Pancasila melakukan Aksi Damai di Kantor DPRD…

27/11/2021

Dewan Pati Minta Warga Pahami Rencana Pemberlakuan PPKM Level 3

PATI – Kilasfakta.com, Informasi terkait rencana pemerintah yang bakal memberlakukan PPKM Leve3 secara serentak mulai…

26/11/2021