NGAWI – Kilasfakta.com. Posyandu seringkali oleh kebanyakan orang selama ini hanya dianggap yang berhubungan dengan bayi, balita dan ibu hamil saja, padahal Posyandu untuk warga lanjut usia atau lansia juga ada.

Posyandu Lansia adalah wadah pelayanan untuk warga masyarakat lanjut usia dengan sasaran usia adalah 45-59 tahun (pra lansia), 60 tahun keatas (usia lanjut) atau 70 tahun keatas (usia lanjut dengan resiko tinggi).

Guna meningkatkan kesadaran akan pentingngya kesehatan lansia, Pemdes Hargosari kecamatan Sine kabupaten Ngawi, melalui program Kegiatan Posyandu Lansia melaksanakan pemeriksaan tensi, gula darah dan asam urat, serta mengedukasi para lansia tersebut akan pentingan menjaga kesehatan tubuh.

Gelar posyandu Lansia kali ini bertempat di kediaman Kades Hargosari dan dihadiri oleh Bidan Desa Hargosari serta 75 peserta posyandu lansia. Jum’at (13/05/2022).

Para lansia sangat antusias untuk mengikuti posyandu lansia karena bisa mendapatkan pelayanan kesehatan seperti timbang badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan laborat gratis (cek asam urat, kolesterol, gula darah) serta pemberian PMT lansia.

Eny Supriyanti selaku ketua PKK Desa Hargosari pada awak media Kilasfakta.com mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan Posyandu Lansia ini adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga lansia sebaik mungkin, agar kelompok usia ini bisa mencapai kesejahteraan, baik secara fisik maupun psikis.

“Kegiatan posyandu lansia ini dilaksanakan setiap bulan di minggu ke dua, selain pemeriksaan rutin kesehatan, juga senam lansia,” ucap Eny.

Posyandu lansia bisa membantu menyediakan pelayanan dasar kesehatan, terutama yang bersifat preventif atau pencegahan, harapannya dengan adanya kegiatan ini diharapkan kualitas hidup lansia baik secara fisik dan psikis bisa meningkat, sehingga lansia bisa hidup sehat dan bahagia, pungkas ketua PKK desa Hargosari.

(Agus C)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *