NGAWI – Kilasfakta.com, Jalan yang baik merupakan salah satu dambaan tiap pengguna jalan, selain mempercepat waktu berkendara serta masyarakat dapat lebih mudah dan nyaman dalam melewatinya. Jalan Usaha Tani ( JUT ) menjadi salah satu program kerja Pemerintah Desa Kiyonten. Pembangunan tersebut bertempat di Dusun Pondok RT 006 RW 002 Desa Kiyonten Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi. Pembangunan pavingisasi di area pertanian Dusun Pondok dilaksanakan dengan Dana Desa Tahun Anggaran 2024.

Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun pavingisasi dengan volume jalan 2,7 m x 127 m yaitu sebesar Rp 80.000.000,_ dengan pengerjaan selama 45 hari kalender dengan sistem swakelola oleh warga masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga.

Sunardi selaku kepala Desa Kiyonten mengatakan jika jalan usaha pertanian memiliki peran cukup penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Desa Kiyonten. Pembangunan jalan utama pertanian memudahkan masyarakat yang melewati jalan sekitar, serta dengan adanya pembangunan jalan paving ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian.

” Rata-rata jalan di pedesaan maupun di tengah persawahan masih banyak yang belum layak. Saat musim kemarau, masyarakat harus merasakan dampak kepulan debu yang beterbangan, saat musim penghujan masyarakat harus merasakan jalan becek dan licin. Maka dari itu, pembangunan jalan usaha tani menjadi alternatif terbaik dalam mengatasi masalah yang terjadi di lingkungan pertanian ” ungkap Sunardi.

Pihak Desa berharap semoga dengan adanya pembangunan pavingisasi ini memberikan manfaat yang besar untuk mobilitas dan mudahkan masyarakat Desa Kiyonten dalam mengangkut hasil pertanian mereka. ( Sony )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *