NGAWI – Kilasfakta.com, Dalam upaya mempercepat penyerapan Dana Desa (DD) TA 2021, pemerintah desa Sekarputih kecamatan Widodaren kabupaten Ngawi, melaksanakan program-program pembangunan fisik dimana salah satunya adalah program pembangunan talud/TPT.

 

Prioritas penggunaan Dana Desa (DD) di bidang infrastruktur terus dimanfaatkan oleh pemdes Sekarputih untuk pembangunan desa, salah satunya pembangunan talud/TPT, sebagai upaya pencegahan tanah longsor dalam menghadapi musim penghujan. Melalui pembangunan talud jalan desa sekaligus untuk memperkuat badan jalan, terutama bila badan jalan tersebut memiliki beda tinggi dengan tanah di sekitarnya.

 

Pembangunan talud/TPT di dusun Kenongorejo RT 06 RW 04 desa Sekarputih, menggunakan anggaran Dana Desa TA 2021, sebesar Rp. 199.600.000. Proses pembangunan dengan panjang 200 meter.

Pembangunan talud/TPT jalan tersebut menjadi salah satu pengaman badan jalan yang menghubungkan jalan antar dusun sekaligus akses jalan penghubung antar Desa.

 

Prioritas penggunaan dana desa (DD) di bidang infrastruktur terus dimanfaatkan untuk pembangunan desa, salah satunya upaya pencegahan tanah longsor dalam menghadapi musim penghujan melalui pembangunan talud serta untuk memperkuat badan jalan, terutama bila badan jalan tersebut memiliki beda tinggi dengan tanah di sekitarnya.

 

Akses jalan ini merupakan sarana vital bagi warga desa Sekarputih, karena merupakan salah satu akses jalan yang sering dilalui warga untuk beraktivitas sehari – hari sekaligus akses jalan pertanian.

 

Bagi warga Dusun Kenongorejo sendiri pengerjaan program pembangunan semacam ini selalu didukung penuh oleh segenap warga, hal ini terlihat dari guyub rukunnya warga dalam pengerjaanya.

 

Sementara itu Kades Sekarputih Bpk. Sukiman mengatakan, warga sekitar dilibatkan secara aktif dalam program skema padat karya tunai, dengan kompensasi berupa jasa kerja yang diberikan secara harian. Karena dengan dilibatkanya warga pada pekerjaan ini, tentu memberikan manfaat yang dirasakan langsung oleh warga dusun Kenongorejo. apalagi saat ini warga sekitar juga mengalami hambatan ekonomi akibat dampak pandemi.

 

Beliau menambahkan, dalam upaya memperlancar proses pengerjaan ini adalah dengan menyiapkan material bahan bangunan yang cukup, jadi pada saat pengerjaan nanti tidak tersendat-sendat dengan alasan material terlambat datangnya. Hal ini telah diantisipasi TPK selaku tim pelaksana desa Sekarputih dengan selalu memonitor kegiatan pengerjaan juga memantau kualitas bangunan tentu juga mensikapi jika bahan material bangunan akan habis.

 

“Semangat membangun dari warga dusun Kenongorejo tentu harus diimbangi dengan kesiapan ketersediaan material bahan bangunan, agar target waktu pengerjaan dapat tercapai sesuai rencana.”

 

Kades berharap, warga masyarakat Sekarputih khususnya warga dusun Kenongorejo bisa ikut serta dalam menjaga dan merawat jalan ini dan semoga warga masyarakat desa Sekarputih mendapat manfaatnya secara maksimal, pungkasnya.

 

(Agus Cahyono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *