Views: 14
0 0
Proyek Jalan Tol Solo- Jogjakarta Tidak Akan Mengganggu Saluran Irigasi
Categories: Lalu Lintas

Proyek Jalan Tol Solo- Jogjakarta Tidak Akan Mengganggu Saluran Irigasi

Read Time:2 Minute, 11 Second

KLATEN-Kilasfakta.com– Pelaksanaan sosialisasi dan konsultasi publik Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Kabupaten Klaten telah memasuki hari keempat. Pada hari ini tahapan tersebut dilakukan di 9 titik lokasi di Kecamatan Karanganom dan Ngawen Kab. Klaten.

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan masyarakat Kabupaten Klaten dalam sosialisasi dan konsultasi publik pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta sejak awal pelaksanaan kegiatan tersebut, diantaranya adalah berkaitan dengan irigasi lahan pertanian.

Menanggapi hal tersebut, staf Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Solo-Yogyakarta, Hernendy Setiawan memastikan, bahwa pembangunan jalan tol Solo- Jogja ini tidak akan mematikan saluran irigasi bagi lahan-lahan pertanian di Kabupaten Klaten.

Dengan adanya pembangunan jalan tol ini tidak akan mengganggu (saluran irigasi). Apabila ada irigasi yang terpotong jalan tol, kita akan kembalikan irigasi sesuai fungsinya lagi, jadi jalur irigasi aman” ujar Hernendy saat ditemui usai melakukan sosialisasi dan konsultasi publik di Kelurahan Bareng Lor, Klaten Utara.

Staf PPK Jalan Tol Solo-Yogyakarta tersebut mengungkapkan bahwa lahan yang terkena pembangunan jalan tol diantaranya adalah lahan pertanian. Maka melalui sosialisasi dan konsultasi publik para masyarakat Klaten diberi kesempatan untuk melakukan konsultasi tanya-jawab dengan Tim dari Provinsi Jawa Tengah dan PPK.

Masyarakat juga akan diberikan pemahaman informasi berkaitan dengan tahapan-tahapan dan gambaran mengenai pembangunan jalan tol.

Tahap ini sudah mulai dilakukan sejak Selasa 4 Agustus 2020 lalu, dan rencananya akan selesai pada Selasa 25 Agustus 2020 mendatang.

Kegiatan tersebut akan dilangsungkan di 11 kecamatan dan 50 desa di Kabupaten Klaten, mulai dari Delanggu hingga Prambanan secara bergiliran dan dalam pelaksanaannya sosialisasi ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

Konsultasi publik sampai saat ini, mayoritas atau kebanyakan warga di Klaten ini sangat mendukung untuk pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta.

Pria yang akrab disapa Nendy tersebut mengaku setelah tahapan ini selesai, maka akan dilanjutkan dengan tahap Penetapan Lokasi (Penlok) oleh Gubernur. Barulah dilakukan identifikasi dan inventarisasi, maka akan dilanjutkan ke penilaian, dan akan diadakan musyawarah untuk penggantian, setelah itu tahap pembayaran.”ungkapnya.

Sementara itu, berkaitan dengan hal tersebut, Sekda Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi mengungkapkan, bahwa sosialisasi dan konsultasi publik ini merupakan tahapan awal guna menjelaskan dan menginformasikan kebijakan pembangunan jalan tol.

Sekda Klaten, Jaka Sawaldi yang turut hadir dalam sosialisasi dan konsultasi publik pada hari ketiga di Kelurahan Bareng Lor, Klaten Utara, menyebutkan bahwa dalam pembangunan jalan tol Soli – Jogja ini, untuk saluran irigasi akan tetap aman. Sehingga tidak mengganggu pertanian di Klaten.

Saluran irigasi dan jalan tetap aman, tetap akan dipikirkan, tidak sampai mengganggu untuk saluran irigasi. Apalagi untuk Klaten ini daerah penyangga pangan, terutama daerah-daerah. Untuk aliran ke sawah itu tetap akan diamankan, jangan sampai istilahnya terbangunnya jalan tol akan mengganggu produksi pertanian” pungkas Jaka Sawaldi.

Reporter. Purwanto.

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
kilasfakta

Recent Posts

Jumat Berkah Bagi-Bagi Nasi Sewelas Coffee

PATI - Kilasfakta.com, Pati (03/12/2021) - Sewelas Coffee terus mendulang pahala dan keberkahan dengan menggelar…

03/12/2021

Angka Covid-19 Menurun, Bupati Minta HIPMI Dukung Pemulihan Ekonomi Lokal

PATI - Kilasfakta.com, Kasus Covid-19 di Pati menunjukkan tren penurunan sejak beberapa bulan terakhir. Data…

03/12/2021

Dukung Vaksinasi, Wakil Ketua II DPRD Pati Minta Warga Tidak Takut Divaksin

PATI – Kilasfakta.com, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati, Hardi meminta warga untuk tidak takut…

30/11/2021

Pengurus PWI Kabupaten Pati Masa Bakti 2021-2024 Dilantik

PATI - Kilasfakta.com, Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati Masa bakti 2021-2024 dilantik dan…

30/11/2021

PATI – Kilasfakta.com, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati, Hari meminta warga untuk tidak takut…

30/11/2021

Belum Selesai, DPRD Pati Perpanjang Pembahasan Tiga Raperda

PATI – Kilasfakta.com, Gabungan komisi di DPRD Kabupaten Pati akhirnya sepakat menambah waktu untuk membahasa…

30/11/2021