Views: 54
0 0
Rumah Sakit KSH Pati Hadirkan Pelayanan Drive Thru Rapid Test Covid-19
Categories: kesehatan

Rumah Sakit KSH Pati Hadirkan Pelayanan Drive Thru Rapid Test Covid-19

Read Time:2 Minute, 4 Second

Pati – Kilasfakta.com, Saat ini banyak masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan rapid test atau tes cepat untuk mendeteksi dini Covid-19. Namun, sebelum kita melakukan pemeriksaan ini, alangkah baiknya kita mengetahui cara kerja dan interpretasi hasilnya. Rabu, (06/05)

Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi Covid-19, yaitu IgM dan IgG Covid-19, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Pemeriksaan ini dilakukan sebagai skrining awal infeksi virus Corona pada orang yang berisiko tinggi. Rapid test Covid-19 di Indonesia sendiri menggunakan sampel darah untuk mendeteksi kadar antibodi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi.

Prosedur pemeriksaan rapid test dimulai dengan mencocokkan identitas, mengambil sampel darah pada pembuluh darah vena lengan yang kemudian di sentrifugasi dengan perlakuan khusus sehingga terbentuk serum/plasma darah. Serum dan buffer diteteskan kedalam kaset/stick yang telah mengandung antigen, kemudian diamati dalam waktu 15 menit. Hasil dinilai dari garis yg muncul pada alat tersebut.

“Pemeriksaan ini lebih disarankan bagi seseorang dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Namun, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan ini jika merasa memiliki gejala demam, batuk, pilek atau sesak nafas meskipun tidak memiliki riwayat perjalanan ke area terjangkit atau tidak ada riwayat kontak dengan pasien Positif COVID-19,” ujar dr. Siti Cahyani, Sp.PK, M.Sc.

Di tengah wabah virus corona alias Covid-19, banyak masyarakat yang ingin memeriksakan dirinya terkait dengan pemaparan Covid-19. Namun, mereka takut ke rumah sakit untuk melakukan deteksi dini Covid-19. Padahal, deteksi dini Covid-19 sangat penting dilakukan untuk melakukan penanggulangan dini terpaparnya Covid-19, maka dari itu dalam upaya menekan laju penyebaran Covid-19, RS Keluarga Sehat menghadirkan pelayanan drive thru rapid test Covid-19. Masyarakat yang akan skrining dapat melakukan pemeriksaan tanpa harus masuk ke gedung rumah sakit. Pasien tinggal datang ke lokasi yang ditentukan yaitu KS Hall RS. Keluarga Sehat.

“Drive thru rapid test Covid-19 memberikan kemudahan bagi masyarakat karena prosesnya cepat, mudah, aman serta minimal kontak fisik antara pemeriksa dengan yang diperiksa. Anda tetap berada di dalam mobil tanpa perlu keluar dari kendaraan. Hasil tes akan dikirimkan melalui WhatsApp pada hari yang sama, sehingga masyarakat bisa segera pulang tanpa harus lama menunggu. Jika hasil reaktif, maka protokol selanjutnya adalah dilakukan wawancara lebih mendalam, pemeriksaan darah lengkap, foto thorax, dan swab tenggorokan. Pasien diwajibkan melakukan isolasi mandiri dirumah dengan pemantauan,” ujar dr. Novia Mantari selaku Asisten Manager Penunjang Diagnostik.

(*)

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
kilasfakta

Recent Posts

KOKAM dan SAR Muhammadiyah Ngawi Gelar LATGAB, “Penanganan Pohon Tumbang dan Snake Rescue

    NGAWI - Kilasfakta.com. Komando kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah yang selanjutnya disingkatKOKAM Pemuda Muhammadiyah…

29/11/2021

Musim Penghujan, Dewan Pati Minta Warga Gotong Royong Antisipasi Banjir

PATI – Kilasfakta.com, Intensitas curah hujan saat sekarang sudah mulai tinggi, dan mengakibatkan banjir di…

29/11/2021

Vaksinasi Desa Karang Jompo Diselenggarakan Rutin Seminggu Sekali

PEKALONGAN - Kilasfakta.com, Dalam rangka mendukung percepatan Vaksinasi dan untuk menekan berkembangnya Virus Covid-19 Pemerintah…

28/11/2021

Acara “Rembug Desa” Desa Cepiring Kabupaten Kendal Memanas

CEPIRING - Kilasfakta.com - Dengan Tema "Klarifikasi Bumdes" Berlangsung Seru Dalam Suasana Memanas, Jumat 26/11/2021…

27/11/2021

Aksi Damai Ormas Pemuda Pancasila Jateng, Tuntut Junimart Girsang Meminta Maaf Lewat Media Nasional

SEMARANG - Kilasfakta.com - Organisasi massa (Ormas) Pemuda Pancasila melakukan Aksi Damai di Kantor DPRD…

27/11/2021

Dewan Pati Minta Warga Pahami Rencana Pemberlakuan PPKM Level 3

PATI – Kilasfakta.com, Informasi terkait rencana pemerintah yang bakal memberlakukan PPKM Leve3 secara serentak mulai…

26/11/2021