PATI – Kilasfakta.com, satu tim SMA PGRI 2 Kayen yang terdiri dari Dida De Muhammad, Diah Kusuma Wardani, Bagas Nur Ardianto, Via Valenta Kafita Ardian berhasil menyabet medali emas pada kompetisi Internasional Sains Projek di Korea pada ajang World Invention Creativity Olympic (WICO) 2021.

Kompetisi siber terbaik dunia Korea di tengah ancaman COVID-19 yang terus berlanjut di seluruh dunia, World Invention Creativity Olympic (WICO) ke-10 diadakan di Seoul Korea pada 8-22 Juli 2021 secara online.

Kompetisi ini diikuti oleh 25 Negara yaitu : USA, Canada, UK, France, Croatia, Senegal, Moldova, Romania, Iraq, Iran, Egypt, Sudan, Rusia, Korea, China, Macau, India, Hongkong, Thailand, Srilanka, Japan, Taiwan, Philippines, Vietnam, Malaysia, Indonesia dan Australia.

Mengacu pada aplikasi yang diajukan, Cyber Exhibition Hall merilis dan meninjau video pameran dan presentasi untuk memberikan penghargaan Grand Prix, Medali Emas, Medali Perak dan Medali Perunggu. Beberapa pemenang WICO 2020 diterima di Universitas Harvard serta universitas terkenal di seluruh dunia. Semua pemenang akan memperoleh sertifikat dan medali yang akan dikirim melalui POS.

Projek sain yang diajukan tim SMA PGRI 2 Kayen berjudul ” Rice Husk Ash Silica Composite With Epoxy Resin Matrix As Carbon Iron Anti Corrosion Coating yaitu bahan pelapis besi karbon anti karat. Projek ini dikerjakan selama 6 bulan sejak Oktober 2020 hingga Januari 2021 dengan hasil sebagai berikut : abu sekam padi mengandung 86,70 % Silika Dioksida (SiO2). Silika ini dimanfaatkan sebagai komposit Silika abu sekam padi dengan matrik resin epoksi untuk pelapisan besi karbon. Laju korosi terbesar sebesar 1,1162 mpy dan laju korosi terkecil yaitu sebesar 0,4186 mpy. Nilai laju korosi ini lebih kecil dari 50 mpy sehingga material silika abu sekam padi memiliki ketahanan korosi yang sangat baik.

Ketua projek sains Diah Kusuma Wardani menjelaskan bahwa pengerjaan projek sains ini memiliki kendala diantaranya peralatan untuk riset namun bisa diatasi dengan kerjasama Universitas Diponegoro pada pengujian kandungan silika abu sekam padi. Sedangkan mengenai bahan baku abu sekam padi dan resin sangat mudah didapatkan. Seluruh tim Sains Projek SMA PGRI 2 Kayen mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Pati dengan dukungan doanya sehinggatim mampu memperoleh medali emas pada kompetisi World Invention Creativity Olympic (WICO) 2021.

Sementara koordinator guru pembimbing Mohamad Rauf, S.Pd. M.Si merasa bangga karena anak bimbingannya mampu menjadi juara di ajang bergensi ini ditengah pandemi yang tiada henti. Kepala Sekolah Surata,S.Pd, M.Pd dalam penjelesannya keberhasilan tim Sains Projek SMA PGRI 2 Kayen adalah sebuah tradisi yang harus dipertahankan walau dimasa sulit seperti saat ini. Kami dari pihak sekolah selalu mendorong siswa siswa untuk selalu berkompetisi dalam keadan apapun pantang menyerah dan dengan dukungan komite serta kekompakan tim pembimbing adalah modal besar bagi kami untuk selalu juara.

Tim Sains Projek SMA PGRI 2 KAYEN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *