Views: 15
0 0
Tetapkan Penerima BLT DD, Pemdes Sunggingwarno Gelar Musdes
Categories: pemerintah

Tetapkan Penerima BLT DD, Pemdes Sunggingwarno Gelar Musdes

Read Time:1 Minute, 34 Second

Pati – Kilasfakta.com, Untuk menetapkan para penerima manfaat dari program BLT DD, Pemerintah Desa Sunggingwarno, Kecamatan Gabus menggelar Musyawarah Desa (Musdes), Selasa (12/5) siang.

Dalam rapat yang dilaksanakan di balai desa lama itu, dihadiri camat Gabus, Sekcam, Babinsa dan Babinkamtibmas, pendamping kecamatan dan desa, Kades, BPD, perangkat desa, ketua RT serta RW se Desa Sunggingwarno.

Dalam arahannya, Camat Gabus Tikno mengatakan, DD tahun 2020 wajib digunakan untuk Padat Karya Tunai (PKT), Stunting, dan BLT. Disamping itu, lanjut Tikno, DD juga dipergunakan untuk program-program lain, seperti pemenuhan infrastruktur, sebagaimana yang sudah diprogramkan sebelumnya.

“Dengan adanya BLT ini, maka akan ada penggeseran atau penundaan atas anggaran dari perencanaan awal yang sudah ditetapkan, dan Pemdes dapat melakukan perubahan,” terang camat Gabus.

Tikno juga menjelaskan, program yg tahun ini ditunda, maka akan menjadi program prioritas di tahun 2021. “Jika desa tidak melaksanakan BLT, maka akan ada sanksi berupa DD tahap 3 tidak akan ditranfer ke rekening desa,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Camat Tikno menjelaskan, sasaran BLT DD adalah keluarga miskin, yang tidak menerima bantuan Jaring Pengaman Sosial dari pemerintah (PKH, BPNT, BST), diutamakan yg dalam keluarga ada yang sakit menahun / kronis.

“Musdes ini untuk membuat kebijakan yang sah dalam menentukan penerima BLT DD, karena, kalau mengacu pada 14 kreteria yang ditentukan pemerintah, maka akan mengalami kesulitan,” lanjut camat.

Kepala Desa Sunggingwarno Sumeri dalam kesempatan itu menjalaskan, dengan adanya Musdes, diharapkan tidak akan ada yang disalahkan terkait penentuan penerima BLT DD.

Sumeri menambahkan, mekanisme penetapan, pertama dilakukan pendataan oleh RT / RW. Dana tersebut, lanjut Sumeri, kemudian dimusyawarahkan lewat Musdes. “Dan hasilnya ditetapkan sebagai penerima BLT DD, dan ditetapkan melalui Peraturan Kepala Desa (Perkades), yang selanjutnya nanti akan dimintakan persetujuan bupati Pati,” imbuhnya.

Dijelaskan, Desa Sunggingwarno tahun 2020 menerima DD Rp 1.220.594.990,-.

“Data yang masuk dari awalnya ada 237 KK, namun setelah diverifikasi, menjadi 75 orang, yaitu setelah dicocokkan dengan data penerima jaring pengaman sosial,” pungkasnya.

(Wk)

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
kilasfakta

Recent Posts

KOKAM dan SAR Muhammadiyah Ngawi Gelar LATGAB, “Penanganan Pohon Tumbang dan Snake Rescue

    NGAWI - Kilasfakta.com. Komando kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah yang selanjutnya disingkatKOKAM Pemuda Muhammadiyah…

29/11/2021

Musim Penghujan, Dewan Pati Minta Warga Gotong Royong Antisipasi Banjir

PATI – Kilasfakta.com, Intensitas curah hujan saat sekarang sudah mulai tinggi, dan mengakibatkan banjir di…

29/11/2021

Vaksinasi Desa Karang Jompo Diselenggarakan Rutin Seminggu Sekali

PEKALONGAN - Kilasfakta.com, Dalam rangka mendukung percepatan Vaksinasi dan untuk menekan berkembangnya Virus Covid-19 Pemerintah…

28/11/2021

Acara “Rembug Desa” Desa Cepiring Kabupaten Kendal Memanas

CEPIRING - Kilasfakta.com - Dengan Tema "Klarifikasi Bumdes" Berlangsung Seru Dalam Suasana Memanas, Jumat 26/11/2021…

27/11/2021

Aksi Damai Ormas Pemuda Pancasila Jateng, Tuntut Junimart Girsang Meminta Maaf Lewat Media Nasional

SEMARANG - Kilasfakta.com - Organisasi massa (Ormas) Pemuda Pancasila melakukan Aksi Damai di Kantor DPRD…

27/11/2021

Dewan Pati Minta Warga Pahami Rencana Pemberlakuan PPKM Level 3

PATI – Kilasfakta.com, Informasi terkait rencana pemerintah yang bakal memberlakukan PPKM Leve3 secara serentak mulai…

26/11/2021