PATI – Kilasfakta.com, Sebanyak 200 pembatik di lingkungan Kecamatan Juwana menunjukkan ketrampilan membatik tulis di sepanjang Jl. Sersan Darmin Desa Bakaran Wetan.

Pemerintah Desa (Pemdes) Bakaran Wetan Kecamatan Juwana, Minggu (2/10/2022) menggelar Festival Membatik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang secara resmi ditetapkan pada 2 Oktober.

Adapun 200 pembatik dari usia muda hingga tua ini terlihat begitu lihai menunjukkan setiap proses membuat batik tulis.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro yang hadir didampingi oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pati bersama jajarannya, sangat mengapresiasi kegiatan yang bertujuan menjaga warisan budaya khas Pati tersebut.

“Disini para pembatiknya batik tulis semua, tidak ada yang batik printing, kita tinggalkan batik printing. Kita berupaya nguri – nguri budaya jawa dengan tetap menggunakan batik tulis”, ujarnya saat diwawancarai.

Henggar menilai bahwa melestarikan batik tulis perlu dipublikasikan ke khalayak ramai, khususnya batik Bakaran khas Pati hingga tingkat nasional.

Henggar juga menyebut, apabila batik bakaran ini mampu menasional, maka dapat menciptakan multiplayer effect. Selain itu, ekonomi di wilayah Juwana pun akan terus berjalan.

“Di Pati ini memang memiliki sentra – sentra batik. Dan batik bakaran ini, memiliki ciri yang khas. Dan inilah yang selalu kita dorong. Mudah – mudahan batik bakaran semakin jos”, pungkasnya.

Pihaknya pun berharap, agar Pemdes Bakaran Wetan ke depannya mampu menyelenggarakan kegiatan serupa. Ia optimis peringatan Hari Batik Nasional tahun mendatang dapat diselenggarakan lebih heboh dan spektakuler. (po2/PO/AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *