Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman baik dari budaya, ras, suku maupun dalam hal agama. Untuk tetap hidup rukun, damai, dan aman memang harus dibutuhkan rasa sikap toleransi satu dengan lainnya yang terkhusus antar umat beragama. Toleransi adalah menghargai adanya suatu perbedaan dengan berbagai perilaku, budaya, agama, dan ras yang ada di dunia. Sikap toleransi sangat dibutuhkan oleh setiap manusia agar saling membantu dan menghargai adanya suatu perbedaan yang ada dalam kehidupan sehari-hari tanpa memandang suku, agama, budaya, dan ras.

Toleransi terhadap antar umat beragama itu tergantung dari kesadaran diri oleh masing-masing individu. Dengan begitu akan menimbulkan rasa sikap toleransi antar umat beragama dengan baik dan memiliki pemikiran bahwa ada agama lain selain agamanya yang patut untuk dihargai sehingga semua selalu punya anggapan bahwa toleransi atau menghargai itu sangat menyenangkan.

Dalam bertoleransi memang sudah harus dikenalkan oleh anak sejak usia dini seperti dalam dunia pendidikan yaitu pendidikan karakter. Pendidikan karakter sangatlah penting, pendidikan karakter wajib diterapkan agar dapat menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama yang tinggi. Dengan begitu, akan adanya suatu pengetahuan dan wawasan tentang keagamaan yang diselipkan melalui dunia pendidikan sehingga dapat merubah cara berpikir yang lebih baik. Itulah mengapa pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan sejak usia dini untuk menumbuhkan sikap toleransi yang baik untuk bekal dimasa yang akan datang seperti hidup, sekolah, kerja, bersosialisasi dalam lingkungan yang sangat beragam.

Adapun cara bagaimana kita dapat menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diterapkan di keluarga, masyarakat, dan sekolah diantaranya adalah: Menghormati Perbedaan Dalam kehidupan, tentang menghormati suatu perbedaan akan selalu ada dimanapun kita berada.

Oleh karena itu, kita harus mampu untuk bersikap yang baik seperti halnya menghormati suatu perbedaan. Menghormati perbedaan dilakukan sesuai dengan hukum dan norma yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sejak dini, sikap toleransi sudah harus diterapkan agar dalam diri setiap individu mempunyai sikap toleransi yang tinggi. Perbedaan ada bukan untuk dilawan tetapi untuk selalu diagungkan dengan cara menumbuhkan sikap toleransi.

Toleransi antar umat beragama; Sebagai individu yang paham betul tentang nirma agama pasti memiliki sikap toleransi yang tinggi antar umat beragama seperti contohnya menumbuhkan sikap toleransi ketika orang lain beribadah menurut kepercayaannya. Itu salah satu cara menumbuhkan sikap toleransi melalui peristiwa yang sederhana.

Berbicara dengan Santun; Tentunya dalam hal berbicara, itu sudah ada etika dan norma bagiamana cara berbicara dengan baik yaitu dengan cara berkata yang sopan dan menghindari berkata kasar dan berteriak. Berbicara menggunakan bahasa yang baik dan sopan seperti menggunakan kata permisi, maaf, tolong, dan terimakasih itu sudah bersumber dari masyarakat atau dari lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya.

Menjalin Silaturrahmi yang Baik antar Umat Beragama; Dengan adanya sikap toleransi ini menjadikan diri sendiri mampu menumbuhkan rasa simpati edan empati yang tinggi. Yang selanjutnya tentang cara menumbuhkan sikap toleransi adalah haru menjaga silaturrahmi dengan baik meskipun dengan yang berbeda agama agar tidak saling curiga. Saling berkomunikasi dengan baik, saling berdiskusi dengan baik agar tidak timbul rasa curiga terhadap satu dengan lainnya dan kita juga tahu seperti ajaran-ajaran dari agama yang lainnya.

Nama : Indri Setyawati
Prodi : Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas : Tarbiyah Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati

Terima kasih atas tanggapannya

%d blogger menyukai ini: