Jakarta-Kilasfakta.com, Indonesia merupakan negara yang sangat subur. Hampir semua tanaman dapat tumbuh di Indonesia. Komoditas yang tak kalah populer di Indonesia adalah tanaman Alpukat. Alpukat dapat juga disebut sebagai emas hijau.

Buah alpukat juga sangat digemari karena bisa diolah menjadi beragam makanan dan minuman yang lezat seperti puding alpukat, brownies alpukat, es kocok alpukat dan masih banyak lagi. Tekstur dagingnya yang lembut menjadikan Alpukat menjadi buah yang sangat digemari di seluruh dunia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi alpukat di Indonesia sebanyak 609,05 ribu ton. Angka tersebut meningkat hingga 31,9% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebanyak 461,6 ribu ton.

Jawa timur merupakan provinsi penghasil Alpukat terbesar di Indonesia. Berikut ini adalah 10 provinsi penghasil Alpukat terbesar di Indonesia.

  1. Jawa Timur. Provinsi ini menghasilkan Alpukat sebanyak 175.375 ton. Alpukat Pameling dari daerah Malang sebagai Alpukat Unggulan. Daerah yang menjadi sentra pengembangan Alpukat di Kabupaten Malang, Pacitan, Madiun, Pasuruan, Trenggalek, Tulungagung, dan Probolinggo.
  2. Jawa Barat. Provinsi ini menghasilkan Alpukat sebanyak 104.665 ton. Daerah penghasil Alpukat di Jawa Barat adalah Kabupaten Garut, Bandung, Bandung Barat, Majalengka, Tasikmalaya, Cianjur, dan Sumedang. Alpukat unggulan dari daerah Jawa Barat antara lain Miki dari depok dan Sidang reren dari Kabupaten Garut.
  3. Jawa Tengah. Provinsi ini menghasilkan Alpukat sebanyak 73.933 ton. Produksi Alpukat di Jawa Tengah hampir menyebar di seluruh Kabupaten dan Kota. Daerah penghasil Alpukat di daerah Jawa tengah adalah Semarang, Boyolali, Temanggung, Kendal, Tegal, Klaten, Wonogiri, Karanganyar, Magelang dan Pati. Alpukat unggulan dari daerah ini adalah jenis Kendil dan Rifai.
  4. Sumatera Barat. Provinsi ini menghasilkan Alpukat sebanyak 69.787 ton. Sumatera barat mempunyai beberapa jenis Alpukat unggulan yang mewakili ras Alpukat West Indian.
  5. Sumatera Selatan. Provinsi ini menghasilkan Alpukat sebanyak 36.343 ton. Alpukat dari daerah ini adalah Alpukat Mentega yang lonjong. Alpukat jenis ini biasa dijadikan oleh-oleh di daerah wisata Danau Ranau.
  6. Sumatera Utara. Provinsi ini menghasilkan Alpukat sebanyak 32.012 ton. Alpukat unggulan dari Provinsi Sumatera utara adalah Alpukat Idola. Asal daerahnya dari Binjai.
  7. Nanggroe Aceh Darussalam. Provinsi ini menghasilkan Alpukat sebanyak 20.609 ton. Alpukat unggulan dari NAD adalah Alpukat Gayo. Dataran tinggi Gayo juga merupakan sentra buah-buahan di Aceh.
  8. Nusa Tenggara Barat (NTB). Provinsi ini menghasilkan Alpukat sebanyak 19.260 ton. Alpukat di daerah ini dihasilkan di daerah Sembalun. Alpukat dari daerah sembalun merupakan Alpukat unggulan di Provinsi NTB.
  9. Lampung. Provinsi ini menghasilkan Alpukat sebanyak 17.304 ton. Lampung mempunyai Alpukat unggulan nasional. Alpukat tersebut yaitu Alpukat Rajagiri.
  10. Nusa Tenggara Timur (NTT). Provinsi ini menghasilkan Alpukat sebanyak 13.780 ton. Alpukat yang terkenal dari NTT adalah Alpukat Soe.


Demikian penghasil Alpukat Terbesar di Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia layak bersyukur atas keindahan alam Indonesia yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Editor: Wiji Kilasfakta

Terima kasih atas tanggapannya

%d blogger menyukai ini: