Narso, Anggota DPRD Kabupaten Pati

PATI – Kilasfakta.com, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendorong pemerintah agar lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam hal pelayanan kepada penyandang disabilitas.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, Narso mengatakan penyandang disabilitas harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah terkait pemenuhan hak-haknya. “Dengan belum meratanya akses untuk penyandang disabilitas di ruang publik, membuat Kabupaten belum dapat disebut sebagai daerah yang ramah bagi disabilitas,” ucap dia.

Politis Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menambahkan, pemenuhan hak penyandang disabilitas harus banyak instansi yang terlibat, tidak hanya di dinas sosial tapi juga yang lainnya saling berkaitan. Baik dari pendidikan, kesehatan, tenaga kerja dan lainnya.

“Baik untuk pendidikan, kesehatan dan ketenaga kerjaan dapat dibuat unit layanan yang terintegrasi dengan baik, hingga kaum disabilitas tidak bingung urusan ini kemana, urusan itu kemana,” imbuhnya.

Menurutnya, pendidikan sangat krusial bagi penyandang disabilitas. Sebab, mereka juga mempunyai hak untuk mencari ilmu. “Maka, kami ingin lembaga pendidikan agar maksimal memberikan ruang, menyesuaikan pelajaran dan sarana di sekolah yang ramah kepada mereka,” sambungnya.

Selain itu, Narso mengungkapkan bahwa penyandang disabilitas perlu mendapatkan pelayanan maksimal dari sektor kesehatan. Sehingga, penyandang disabilitas bisa lebih nyaman saat memeriksakan kesehatannya. “Lebih bagus lagi, dari pihak puskesmas atau rumah sakit bisa berkomunikasi secara khusus menggunakan bahasa isyarat. Supaya orang yang tuna rungu bisa menjelaskan keluhannya,” tutupnya. (Wk / Kf)

Terima kasih atas tanggapannya

%d blogger menyukai ini: