PATI – Kilasfakta.com Pati dengan slogan Bumi Mina Tani merupakan daerah yang mempunyai potensi yang cukup lengkap. Hampir semua kekayaan alam ada di Pati. Pati memiliki lahan pertanian dengan karakeristik yang cukup lengkap. Lahan kering di daerah selatan dan lahan basah di daerah Pati utara. Pati mempunyai pantai yang membentang dari Kecamatan Batangan sampai Kecamatan Dukuhseti. Pati juga memiliki wilayah pegunungan dengan berbagai potensi perkebunan.

Pegunungan membentang di wilayah Pati yaitu lereng sebelah timur Gunung Muria. Daerah pegunungan  di Pati Membentang dari Kecamatan Margorejo sampai Kecamatan Cluwak. Potensi yang masih layak dikembangkan antara lain potensi perkebunan. Tanaman yang cocok antara lain kakao (coklat), kopi, cengkeh dan komoditi buah-buahan terutama Durian atau Alpukat. Potensi penanaman komoditas tersebut masih sangat memungkinkan untuk dikembangkan.

Masyarakat di Kabupaten Pati selama ini banyak berminat mengembangbiakkan durian-durian unggul. Durian tersebut antara lain jenis; Bawor, Duri hitam, Musang King, Montong, dan lain-lain. Lama kelamaan durian lokal telah tergantikan posisinya oleh jenis durian unggulan.

Durian tersebut merupakan durian unggul hasil rekayasa genetik dengan cara penyambungan.  Cara penyambungan banyak diperoleh dari tutorial yang ada di youtube.

Durian Unggul Jenis Musang King 

Durian lokal yang telah ada selama bertahun-tahun lama kelamaan telah digantikan dengan durian unggul. Durian lokal yang ada di kabupaten Pati ada yang berumur puluhan bahkan ratusan tahun. Sebagian masyarakat ada yang masih mempertahankan pohon tersebut namun tidak sedikit yang telah mengubahnya menjadi jenis baru yang mempunyai banya keunggulan.

 Komoditas Durian Lokal

Komoditas buah-buahan masih sangat terbuka peluang untuk dikembangkan. Bisa jadi nantinya Kabupaten Pati akan dapat menjadi sentra penghasil durian unggulan.

Video Penanaman Durian Unggulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *