REMBANG – Kilasfakta.com. PUNCAK peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) pada 20 Desember 2020 dilaksanakan di Pasir Putih Desa Wates, Kaliori Kab Rembang. Sejalan dengan tantangan terkini menghadapi pandemi Covid-19, tahun ini, HKSN mengusung tema Kesetiakawanan Sosial “Memperkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera”. Apel upacara peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dilaksankan pada Rabu 29/12/21.

Kesetiakawanan sosial membawa semangat saling berbagi yang dilandasi oleh gotong royong, kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, dan kesetaraan untuk meningkatkan harkat, martabat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Dalam kondisi menghadapi tantangan pandemi Covid-19, kata Subhan, HKSN juga menjadi momentum menumbuhkan semangat gotong royong dan penyadaran memutus rantai pandemi. Menurut Subhan, semangat gotong royong menjadi cara penyelesaian krisis yang paling efektif karena paling cepat dan bisa langsung menuju pokok masalah.

 

“Maka semangat itu pula yang kita angkat menjadi tema pokok peringatan HKSN tahun 2021 ‘Kesetiakawanan Sosial Memperkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera”, kata Subhan dalam sambutan saat memimpin apel upacara HKSN. Selain itu, Subhan dari Dinsos PPKB mengatakan, “diharapkan melalui semangat hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dapat membangun Kesetiawanan Sosial meminimalisir kesejangan soial Bersatu dalam mencapai visi dan misi, mengedapankan kepentingan golongan mencakup 27 kasus PPKS”. “Diperlukan sinergi antara pemerintah dan masyarkat, bukan hanya acara seremonialnya tapi keterpanggilan, saling peduli, dan menolong” harapnya.

 

 

Usai apel upacara peringatan HKSN DinsosPPKB menyerahkan sertifikat hasil akreditasi dari kementrian sosial RI yang diserahkan kepada LKS-LKS dan lembaga sosial binaan Dinsos Kabupaten Rembang, termasuk LKS Asmaul Husna Husna Bangkit An Naba .

 

Acara seremonial serahterima Sertifikat Akreditasi dibarengkan dengan kegiatan Bakti sosial terpadu sekaligus memperingati hari kesetiakawanan sosial Nasional HKSN berlokasi di wahana eduwisata Pantai pasir putih Desa Wates kec Kaliori kab Rembang.

 

Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat eselon di kabupaten Rembang dan komunitas-komunitas pekerja sosial dibawah bimbingan DINSOSPPKB, antara lain: Tagana, PSM, LKST, karangtaruna, dan LKS sekabupaten Rembang.

 

Suasana cukup meriah karena apel upacara HKSN ini di tempat terbuka dan dipinggir pantai pasir putih yang terhampar luas, semilir angin sepoi-sepoi dipinggir pantai cukup membuat peserta apel upacara betah bercengkrama dan berdiskusi seputar kegiatan sosial dimasing-masing komunitas.

 

Acara ditutup dengan doa bersama dan penyerahan bantuan buku sejarah RA Kartini di Rembang dan bagi bagi masker kepada para pedagang disekitar pantai Pasir putih. Mad

Terima kasih atas tanggapannya

%d blogger menyukai ini: