PATI – Kilasfakta.com, Untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan pada diri mahasiswa, Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Cempaka Pati menggelar Workshop pembuatan olahan makanan bandeng. Workshop digelar di komplek Kantor Salut Cempaka Jl. Pati Kudus Km. 3 Pati dan diikuti oleh 20 peserta yang merupakan mahasiswa UT (Universitas Terbuka).

Kegiatan yang dibuka oleh Daryati, S.Pd. M.Pd selaku Kepala Salut Cempaka Pati digelar hari Minggu (20/3) mulai pukul 08.30 sampai dengan 14.30 WIB. Dalam kesempatan itu, Daryati menjelaskan, workshop dilaksanakan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Pati yaitu hasil petani tambak bandeng.

“Ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler Salut Cempaka Pati, dengan maksud dan tujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan pada diri mahasiswa dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Pati yaitu hasil petani tambak bandeng,” terang Daryati.

Dijelaskan, jenis kegiatan workshop adalah pembuatan olahan makanan dari bandeng berupa otak-otak bandeng, kripik kulit bandeng, abon daging bandeng. Setelah menerima penjelasan dari nara sumber, Yahyumi (home industry) langsung dilakukan praktik. Selain itu workshop, juga digelar Bazar olahan bandeng kerja sama dengan home industry. Bazar sederhana ini menjual hasil olahan bandeng, seperti abon duri bandeng, pastel isi abon daging bandeng, minuman rumput laut, stik dari daging bandeng, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, Ketua Salut Cempaka Pati berharap, setelah kegiatan workshop, mahasiswa bisa berwirausaha kecil-kecilan dengan modal yang tidak terlalu besar. “Salut Cempaka Pati pun memberi peluang dengan memberi pinjaman modal jika ada yang mau membuka usaha membuat olahan bandeng di bulan Ramadhan dan Syawal nanti,” ujarnya.

Daryati menambahkan, kegiatan usaha bisa dimulai dari usaha sederhana terlebih dahulu. “Berani mencoba usaha, itu lebih bagus daripada takut gagal sebelum mencoba,” tegasnya.

Kegiatan ekstrakurikuler Salut Cempaka Pati, saat ini ada 2 jenis, yaitu bidang olahraga Futsal, dan wirausaha dengan pemanfaatan sember daya yang ada di Kabupaten Pati. “Kedepan, kami ingin mengadakan kegiatan yang berorientasi untuk peningkatan kemampuan mahasiswa dalam bidang IT, agar mahasiswa lebih memiliki skill dan petensi akademis yang lebih berkembang,” pungkasnya.

Pewarta : Purwoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *