NGAWI – Kilasfakta.com. Bertempat di Kantor Balai Desa, Pemdes Girikerto, kecamatan Sine kabupaten Ngawi, melakukan Musdessus Validasi dan Finalisasi penetapan data calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) tahun 2022. Kamis (10/02/2022).

Dalam menindak lanjuti Peraturan Presiden ( Perpres ) Nomor 104 Tahun 2021, tentang rincian APBN Tahun Anggaran 2022 Dimana Pada Pasal (5) ayat (4) penggunaan Dana Desa Tahun 2022 diatur penggunaan nya, salah satunya adalah program perlindungan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) paling sedikit 40 persen.

Gelar Musdessus di pimpin langsung oleh Priyanto selaku ketua BPD desa Girikerto dan di hadiri Kepala Desa Girikerto beserta Perangkatnya, segenap perwakilan dari Forkompimcam Sine, anggota BPD desa Girikerto, Pendamping Desa Girikerto dan seluruh RT, RW di desa Girikerto.

Dalam sambutannya Kepala Desa Girikerto, Slamet Riyadi mengatakan, bahwa pada tahun 2022 anggaran dana desa sebanyak 40 persen untuk BLT-DD, 20 persen untuk program ketahanan pangan, 8 persen untuk penanganan Covid-19 dan sisanya 32 persen untuk program prioritas lainya. “Setelah melalui proses pengajuan dari masing-masing RT dan seleksi yang ketat dengan di putuskan secara musyawarah, pada tahun 2022 untuk desa Girikerto jumlah penerima BLT-DD ada 97 KPM,” jelasnya.

Lebih lanjut Slamet Riyadi (Kades Girikerto) menambahkan, penentuan KPM di Desa Girikerto sudah melalui proses yang sangat ketat, karena penerima BLT DD tidak boleh tumpang tindih dengan penerima bantuan sosial lainya serta harus sesuai dengan administrasi dan persyaratan yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

“Perlu diketahui pemberian bantuan sosial akan menjadi hal yang sangat sensitif bagi siapapun, saya beharap masyarakat bisa bersama sama memahami sehingga tidak terjadi kesalah pahaman nantinya,” tegasnya.

Slamet menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Desa Girikerto agar segera melakukan Vaksinasi dan bagi yang telah melakukan Vaksin tahap pertama agar melakukan vaksin tahap ke 2, untuk yang belum melakukan Vaksin besok bisa datang ke balai desa untuk melakukan Vaksin, demi keselamatan bersama serta memutus mata rantai Virus Covid-19, pungkasnya.

Sementara Priyanto (ketua BPD) desa Girikerto mengatakan, Pemdes Girikerto akan menerapkan penyaluran dana desa untuk BLT-DD 40 persen, sebagaimana Perpres RI nomor 104 tahun 2021. “Kita tadi melakukan koreksi nama nama KPM, mana yang layak menerima dan yang tidak layak menerima, pungkasnya.

Dari awal hingga akhir acara berjalan lancar, tertib dan aman, serta mengindahkan protokol kesehatan Covid-19.

(Agus C)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *