PATI – Kilasfakta.com, Meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dilaksanakan sepekan lebih, namun masyarakat masih banyak yang abai terhadap keberadaan covid-19. Mereka seakan tidak mau tahu jika saat ini pandemi covid-19 masih berlum berakhir, dan Pemkab Pati juga tengah menerapkan kebijakan PPKM.

Hal itu dibuktikan masih adanya sejumlah warga yang kedapatan melanggar, saat petugas melakukan penertiban protokol kesehatan di sejumlah wilayah. Bahkan sejumlah tempat karaoke masih nekad buka dengan segala aktifitasnya, seperti yang beberapa hari lalu ramai dalam pemberitaan.

Selain itu, dari pantauan di lapangan, sejumlah kegiatan masih saja berlangsung seperti tidak ada PPKM. Aktivitas warung kopi dan sejenisnya masih banyak yang melanggar aturan. Warga pun masih banyak yang keluar rumah pada saat jam malam diberlakukan.

Terkait hal tersebut, warga disinyalir belum banyak yang mengetahui penerapan kebijakan PPKM. Oleh karena itu, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati, Noto Subiyanto meminta aparatur di tingkat desa dapat membantu program PPKM dengan melakukan sosialisasi kepada warga. “Pak kepala desa beserta perangkatnya, dapat membantu melakukan sosialisasi program PPKM ini dengan melibatkan lembaga yang ada di desa,” ujarnya.

Menurut Noto, jika Pemdes mau menggencarkan sosialisasi, warga di masing-masing desa bisa memahami dan mematuhi aturan yang ada. Dengan demikian, lanjut Noto, target dari pelaksanaan PPKM dapat tercapai secara maksimal.

Pewwarta : Purwoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *