REMBANG – Kilasfakta.com, Sekolah Menengah Pertama Negeri ( SMPN) 1 Pamotan, Kabupaten Rembang, mengadakan kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum Sekolah Berbasis Profil Pelajar Pancasila, dalam workshop kali ini diikuti semua Bapak/ Ibu Guru SMPN 1 Pamotan, kegiatan tersebut dilaksanakan di aula SMPN 1 Pamotan, Sabtu,(11/12/21).

Dalam Sambutannya, Kepala SMP Negeri 1 Pamotan, Sutrisno, M.Pd menyampaikan bahwa Kurikulum Sekolah sebaiknya mengacu pada Penanaman Nilai Budaya dan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa sebagai perwujudan dari Profil Pelajar Pancasila. Hal ini sudah diterapkan di lingkungan SMPN 1 Pamotan.

Sebagai narasumber dalam kegiatan Workshop ini, pihak sekolah menggandeng Tim Guru Kreatif, yang terdiri dari Joko Sukasno, S.Pd., Ana Supiyati, S.Pd, dan Indriana Primawati, S.Pd. para narasumber itu sepakat bahwa Kurikulum Sekolah perlu dikembangkan untuk memperkuat karakter siswa merdeka belajar yang berpijak pada Profil Pelajar Pancasila.

 

Profil Pelajar Pancasila meliputi: Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, adalah pelajar Indonesia yang berakhlak dalam hubungannya kepada Tuhan yang Maha Esa. Ia akan memahami ajaran agama dan kepercayaan. Serta akan menerapkan kepercayaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

 

Berkebinekaan Global, pelajar Indonesia akan mempertahankan budaya luhur lokalitas serta tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain sehingga mengedepankan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya kebudayaan baru yang positif serta tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa kita.

 

Bergotong royong, pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersamaan dengan suka rela, agar kegiatan yang dikerjakan secara sukarela dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan.

Kreatif, Mandiri, dan Bernalar Kritis.( Purwanto).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *