PATI – Kilasfakta.com, satu tim SMP Negeri 3 Pati yang terdiri dari Fernandito Akbar K, Fatih Adianta Hutomo, Meitri Ayuisyari, Fiqy Trisa Insani, dan Brenda Dwi Artika berhasil lolos final kompetisi Internasional Sains Projek di Korea pada ajang World Invention Creativity Olympic (WICO) 2021.

Kompetisi siber terbaik dunia KOREA di tengah ancaman COVID-19 yang terus berlanjut di seluruh dunia, World Invention Creativity Olympic (WICO) ke-10 diadakan di Korea pada 8-10 Juli 2021 mendatang secara online dan offline. Pada ajang kali ini SMP Negeri 3 Pati memilih jalur online.

Mengacu pada aplikasi yang diajukan, Cyber Exhibition Hall akan merilis dan meninjau video pameran dan presentasi untuk memberikan penghargaan Grand Prix, Medali Emas, Medali Perak dan Medali Perunggu. Beberapa pemenang WICO 2020 diterima di Universitas Harvard serta universitas terkenal di seluruh dunia. Semua pemenang akan memperoleh sertifikat dan medali yang akan dikirim melalui POS.

Projek sain yang diajukan tim SMP Negeri 3 Pati berjudul “The Utilization Of Tobacco Leaves And Kapok Shell Ash For Producing Anti Termite Biopesticide As The Friendly Environmental Wood Protector” yaitu bahan biopestisida anti rayap tanah dari filtrat tembakau dan ekstrak limbah kulit buah randu untuk melindungi kayu pada bangunan dari serangan rayap tanah.

Projek sains ini dikerjakan dilaboratorium Fisika SMP Negeri 3 Pati selama 7 bulan sejak Oktober 2020 sampai April 2021 dengan hasil nilai retensi sebesar 12 – 22 kg/m3, mortalitas rayap sebesar 86 – 97 % dan penurunan berat sampel kayu sebesar 15.03 % untuk sampel kayu tanpa bahan pengawet dan 0,82 – 0,98 % untuk sampel kayu dengan perlakuan bahan pengawet biopestisida dari daun tembakau dan limbah kulit buah randu.

Ketua projek sains Fernandito Akbar menjelaskan bahwa pengerjaan projek sains ini memiliki kendala diantaranya peralatan untuk riset namun bisa diatasi dengan kerjasama SMA PGRI 2 yang terbiasa melakukan riset. Sedangkan mengenai bahan baku tembakau dan limbah kulit buah randu sangat mudah didapatkan. Dia mohon doa masyarakat Kabupayen Pati semoga Tim SMP Negeri 3 Pati mampu memperoleh medali pada World Invention Creativity Olympic (WICO) 2021 tahun ini.

Sementara koordinator guru pembimbing Mohamad Rauf, S.Pd. M.Si merasa bangga karena anak bimbingan mampu lolos final di ajang bergensi ini Kepala SMP Negeri 3 Pati Rukayah, S.Pd, M.Pd dalam penjelesannya keberbahasilan tim Sains Projek SMP Negeri 3 Pati lolos di ajang bergengsi ini berkat support pendanaan dari komite dan kekompakan tim pembimbing.

Sumber : Tim Sains Projek SMPN 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *