KUDUS Kilasfakta.com, Universitas Muria Kudus (UMK) rajin menjalin kerja sama dengan para universitas mitra, baik dalam maupun luar negeri. Baru-baru ini, yakni pada 1 April 2022, Program Studi Magister Pendidikan Dasar (Prodi MPD UMK) selenggarakan Kuliah Umum secara virtual melalui platform zoom dengan menghadirkan pemateri dari Universitas Pendidikan Ganesha. Sebelumnya, yakni pada 29 Maret 2022 Prodi MPD UMK Dasar juga menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan pemateri Dr. Tenku Putri Norishah Tenku Shariman dari Multimedia University, Malaysia.

Stadium General kali ini menghadirkan pemateri Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. dosen dari Universitas Pendidikan Ganesha mengangkat tema Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pada forum tersebut Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd mengatakan bahwa pembelajaran saat ini berfokus pada evaluasi pendidikan karakter pada siswa sebagai salah satu upaya mewujudkan pelajar Pancasila. Pendidikan karakter ini diajarkan kepada siswa dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi sejak usia dini. Setidaknya ada enam karakteristik atau profil Pelajar Pancasila yang dibutuhkan seorang siswa untuk menjadi Pelajar Pancasila. Yaitu beriman, kebinekaan global, gotong royong, kreatif, mandiri, bernalar kritis. Dari aspek tersebut, guru dapat melakukan asesmen selama pembelajaran pada siswa terkait hasil dari project atau pengerjaan yang telah siswa lakukan. Tidak hanya guru, asesmen juga dapat dilakukan oleh diri sendiri, antar siswa dan guru melalui asesmen formatif.

Sementara itu Kaprodi MPD UMK, Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd menyampaikan bahwa pengambilan tema ini sangat relevan mengingat Indonesia juga baru saja menerapkan kurikulum baru, kurikulum merdeka belajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan siswa untuk menambah skill atau kemampuan di luar bidang ilmu yang ditekuni. Sehingga mengedepankan pada proses pengembangan karakter pada anak didik dengan menerapkan evaluasi yang formatif dan tepat sasaran.

Di samping itu, Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd menambahakan bahwa rangkaian kegiatan akademik ini juga sebagai wujud dari tindak lanjut kerjasama antara Universitas Muria Kudus dengan beberapa Universitas baik dalam maupun luar negeri. Dengan mengusung tema-tema yang relevan bagi kebutuhan mahasiswa saat ini terlebih mahasiswa MPD UMK didominasi oleh mahasiswa yang bekerja sebagai Guru Sekolah Dasar. #

Penulis: Khoeri Abdul Muid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *