Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemkab Pati Gelar Rapid Test di Terminal Kembang Joyo

PATI – Kilafakta.com, Menjelang libur tahun baru, tempat wisata di Pati tak ada Rapid Test Antigen. Hal itu disebabkan Kabupaten Pati tidak masuk dalam area random test yustisi terpadu atau razia rapid test antigen Provinsi Jawa Tengah kepada wisatawan. Namun demikian, program rapid test massal sudah dilakukan Balkesmas belum lama ini di area Terminal Kembang Joyo sambut liburan panjang.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Balkesmas Pati, Purwati, bahwa rapid test itu dilakukan untuk meminimalisir penyebaran covid-19, terutama di wilayah Kabupaten Pati. Dengan dilakukan kegiatan tersebut, kondisi para pendatang lewat jalur darat dapat terdeteksi secara dini.

“Sebenarnya kita hanya laksanakan rapid test dari Dinkes Provinsi. Kalau bulan yang lalu kita sudah laksanakan. Tapi kalau natal dan tahun baru Pati tidak ada penugasan. Yang ada titik objek wisata. Yang ditugaskan ya Balkesmas di sekitar itu,” jelas Purwati selaku Kepala Seksi Pelayanan Balkesmas Pati, beberapa waktu lalu.

Purwati menambahkan, meski di tingkat provinsi Kabupaten Pati tidak masuk dalam titik razia, namun kepala daerah berhak mengadakan program rapid test antigen mandiri. “Kabupaten ada kebijakan tergantung kepala daerah. Semua kabupaten harus ada rapid test antigen tapi titiknya ditentukan Pemkab,” ujar Purwati.

Purwati berharap, masyarakat dapat lebih meningkatkan kesadaran dalam mematuhi protokol kesehatan. Minimal mematuhi 3M, yaitu selalu memaki masker, mencuci tangan setiap kali usai melakukan aktivitas, dan jaga jarak atau jauhi kerumunan,” punkasnya.

Pewarta : Purwoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *