SRAGEN – Kilasfakta.com- Senin tanggal 21 Februari 2022 pukul 09.00 wib. Serda Yono Supriyanto Babinsa desa Pilangsari Melaksanakan Kegiatan Pemantauan Deteksi Dini Faktor Resiko PTM di Posbindu. Pemeriksaan dan Penyuluhan dari UPTD Puskesmas Gesi bertempat di aula balai Desa Pilangsari, Kecamatan Gesi.

Hadir dalam kegiatan Posbindu yaitu, Sulastri SKM ( tim Nakes UPTD Puskesmas Gesi) beserta jajarannya, Sunarto (Kasi Pelayanan Pemdes Pilangsari) atau yang mewakili Kades Pilangsari, Serda Yono Supriyanto (Babinsa desa Pilangsari), Retno Palupi, Amd.keb ( bidan desa Pilangsari) beserta asistennya, Fitria, Spd ( ketua TP PKK desa Pilangsari) beserta kadernya, Sri Nurhayati ( Ketua PPKBD atau Petugas Pembantu Keluarga Berencana Desa Pilangsari) beserta kadernya dan warga masyarakat Desa Pilangsari yang melaksanakan Posbindu.

Petugas dalam pelaksanaan Posbindu yaitu, pemeriksaan suhu badan, Upik dwi, Amd.keb, Hartini ( Kader Posbindu ), Lasmi ( Kader Posbindu ), ( Pengecekan lemak tubuh dan cek gula darah ), Ayun fitria, Am.kep  (Pemeriksaan tekanan darah ), Retno palupi, Amd.keb. Jumlah warga masyarakat Desa Pilangsari yang melaksanakan Posbindu lansia jumlah 30 orang.

Sulastri SKM, selaku tim Nakes UPTD Puskesmas Gesi mengatakan. Untuk warga desa Pilangsari saya berpesan setelah melaksanakan vaksin ke-3 apakah ada keluhan dan kendala, sebelum melaksanakan kegiatan Posbindu. Pada tahun 2025-2035 Indonesia akan mengalami bonus demografi karena jumlah kelompok usia produktif meningkat tajam dibandingkan kelompok usia lainnya. Bonus demografi akan kita peroleh jika tersedia sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing yaitu SDM yang sehat, cerdas, adaptif, inovatif, terampil, dan berkarakter. Upaya menciptakan SDM yang sehat dilakukan melalui upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif.

Sejak implementasi Jaminan Kesehatan Nasional pada tahun 2014, jumlah peserta telah mencapai lebih dari 223 juta jiwa atau lebih dari 80% penduduk Indonesia. Saat ini diketahui bahwa penyakit jantung, gagal ginjal, kanker dan stroke merupakan penyakit kronis dengan beban pembiayaan terbesar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Penyakit-penyakit tersebut pada umumnya berawal dari gejala diabetes dan hipertensi yang tidak terdeteksi sejak dini dan terabaikan.” pungkasnya

Ayun fitria, Am.Kep ( Nakes UPTD Puskesmas Gesi), bagi penderita diabetes melitus dengan kegiatan cek gula darah diposbindu maka dapat diketahui dan bagaimana cara pencegahan dan proses penyembuhan supaya lebih cepat utk penanganan dan pengobatan.

Hindari asap rokok dan 30 menit sehari berolahraga utk aktivitas gerak tubuh supaya keringat keluar dan tubuh biar sehat,” ujarnya. Dalam acara kegiatan deteksi dini faktor resiko ( PTM ) di posbindu lansia, sesuai protokol kesehatan.

Hendro s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *