Views: 20
0 0
Gerak Semangat Warga Dusun Kasihan Menuju Destinasi Ekowisata
advertorial

Gerak Semangat Warga Dusun Kasihan Menuju Destinasi Ekowisata

Read Time:1 Minute, 55 Second

NGAWI – Kilasfakta.com. Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat di desa adalah Kerja Bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh masyarakat dengan cara bersama-sama, bertujuan untuk menjalin kebersamaan, kerukunan serta kekompakan di suatu lingkungan agar supaya yang di kerjakan akan menjadi lebih ringan serta cepat selesai.

Bertepatan pada Hari Minggu kemarin tanggal 21 November 2021, komunitas SRI Organik Nuswantara bersama warga masyarakat dusun Kasihan, desa Sidomakmur, kecamatan Widodaren melakukan kegiatan Karya Bakti membersihkan Aliran Sungai Ngesong dari sampah warga untuk dijadikan Destinasi Ikan Irigasi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh camat Widodaren, Peggy Yudo Subekti, S.STP, MH, anggota DPRD kabupaten Ngawi dan di dukung dari Koramil Widodaren (Babinsa), Polsek Widodaren (Babinkamtibmas), Dinkes, MAPALA dan BEM STKIP Modern Ngawi serta segenap Relawan dari Forum Widodaren Rescue (FWR).

Gagasan membuat Destinasi Ikan Irigasi berawal dari ide Komunitas SRI Organik Nuswantara. Saat di temui Wartawan Kilasfakta.com, Aris Sulawan (anggota DPRD Dapil V Kabupaten Ngawi) menjelaskan, Desa itu identik dengan wisata, maka dari itu kami sebagai wakil rakyat akan mendukung gerakan ini. apalagi untuk menuju Desa wisata dan juga terkait edukasi wisata lokalnya yang pada perencanaan sudah dirintis oleh warga bersama Komunitas SRI Organik Nuswantara yang di pandegank oleh mas Wahyudi.” tutup Aris Sulawan.

Di tempat yang sama, Peggy Yudho Subekti (Camat Widodaren) mengatakan, program dan konsep terkait dengan pemberdayaan masyarakat khususnya di dusun kasihan ini adalah salah memanfaatkan saluran irigasi yang ada di samping kanan kiri persawahan kemudian halaman penduduk itu semua akan kita bersihkan terutama dalam rangka untuk mengurangi sampah serta nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjadi Destinasi Wisata dengan konsep Ekowisata yang ada didesa.

“Kami akan memberikan bibit ikan dan harapan kedepannya ikan ini nanti bisa bermanfaat bagi masyarakat Sidomakmur khususnya warga masyarakat di Dusun Kasihan. sebagai langkah awal kita nantinya akan bersama-sama seluruh warga di lima RT, untuk bergerak serta gotong royong membersihkan irigasi,” pungkas Peggy.

Di tempat terpisah WTU, panggilan Wahyudi (ketua Komunitas SRI Nuswantara) mengatakan, gerak kerja bakti membersihkan aliran Sungai Ngesong adalah agar terlihat bersih, nyaman, asri dan akan kita rubah menjadi Destinasi Ikan Irigasi sehingga akan lebih manfaat untuk warga masyarakat dusun Kasihan.

“Dengan Destinasi Ikan Irigasi harapanya bisa meningkatkan perekonomian warga dusun Kasihan serta bisa menjadi contoh desa desa lainnya meski dengan memanfaatkan segenap potensi yang ada tanpa harus mengada – ada yang tidak ada,” tegas Wahyudi.

 

(Agus C)

Happy
0 0 %
Sad
0 0 %
Excited
0 0 %
Sleepy
0 0 %
Angry
0 0 %
Surprise
0 0 %
media kilasfakta

Recent Posts

Jumat Berkah Bagi-Bagi Nasi Sewelas Coffee

PATI - Kilasfakta.com, Pati (03/12/2021) - Sewelas Coffee terus mendulang pahala dan keberkahan dengan menggelar…

03/12/2021

Angka Covid-19 Menurun, Bupati Minta HIPMI Dukung Pemulihan Ekonomi Lokal

PATI - Kilasfakta.com, Kasus Covid-19 di Pati menunjukkan tren penurunan sejak beberapa bulan terakhir. Data…

03/12/2021

Dukung Vaksinasi, Wakil Ketua II DPRD Pati Minta Warga Tidak Takut Divaksin

PATI – Kilasfakta.com, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati, Hardi meminta warga untuk tidak takut…

30/11/2021

Pengurus PWI Kabupaten Pati Masa Bakti 2021-2024 Dilantik

PATI - Kilasfakta.com, Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati Masa bakti 2021-2024 dilantik dan…

30/11/2021

PATI – Kilasfakta.com, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati, Hari meminta warga untuk tidak takut…

30/11/2021

Belum Selesai, DPRD Pati Perpanjang Pembahasan Tiga Raperda

PATI – Kilasfakta.com, Gabungan komisi di DPRD Kabupaten Pati akhirnya sepakat menambah waktu untuk membahasa…

30/11/2021