Oleh : Romyati, S.Pd (Kepala SDN Wukirsari 02, Kec. Tambakromo, Kab. Pati)

Disaat sedang terjadi pandemi Covid-19 seperti ini, maka kegiatan kita seolah-olah dibatasi. Dalam hal ini, kita diminta untuk tidak bepergian keluar rumah terlebih dahulu guna mencegah terjadinya penyebaran virus. Meskipun demikian, kita masih dapat melakukan beberapa kegiatan yang sekiranya bisa dilakukan secara virtual. Contohnya adalah seperti kegiatan belajar mengajar secara online.

Dalam pembelajaran online, biasanya kita akan menggunakan platform tertentu, misalnya Youtube, Google Classroom, Zoom Meeting, WhatssApp, Telegram, dan lain sebagainya. Meski demikian, metode pembelajaran tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Murid akan merasa lebih sulit saat memahami materi karena kurangnya interaksi secara langsung. Tidak hanya murid saja, gurupun mungkin akan kesulitan sebab belum terbiasa dengan gaya belajar seperti itu.

Agar dapat terbiasa dengan metode pembelajaran tersebut, maka kepala sekolah dapat melakukan pembinaan saat dilaksanakannya kegiatan belajar mengajar. Meskipun saat pandemi, kegiatan ini tidak boleh terlewatkan. Sebab, dengan dilakukannya kegiatan ini maka pimpinan sekolah dapat mengawasi dan memberikan arahan agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik..

Supervisi merupakan sebuah kegiatan pengkoordinasian dan pembimbingan yang dilakukan oleh seorang pimpinan sekolah kepada guru baik secara individu maupun kolektif agar tercipta arah pembelajaran yang diinginkan. Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut, tidak lain adalah situasi belajar mengajar menjadi lebih baik. Dikarenakan saat ini kondisinya masih pandemi, maka mau tidak mau pemimpin sekolah juga harus berinovasi agar kegiatan pembinaan ini bisa tetap berjalan.

Penulis sebagai kepala SD Negeri Wukirsari 02 Kecamatan Tambakromo juga berkeyakinan seperti demikian. Walaupun ini lebih sulit, karena pembelajarannya secara online, kegiatan ini masih bisa dilakukan. Berikut ini adalah cara yang mungkin bisa dilakukan untuk melakukan supervisi.

Pertama adalah diundang masuk kelas online. Dalam pandemi Covid-19, karena pembelajaran dilakukan secara online, maka pimpinan sekolah dapat diundang juga ke dalam platform pembelajaran tersebut. Misalnya platform yang digunaakan adalah Google Meeting, maka pimpinan sekolah dapat menjadi supervisor saat kelas sedang berlangsung dap mengamatinya. Pengamatan yang dilakukan dapat darai berbagai macam aspek. Contoh pengamatan dilakukan untuk mengetahui bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran, tugas kelas, materi, penilaian, presensi peseta didik yang aktif maupun tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran daring. Disini, seorang pimpinan sekolah bisa memantau bagaimana keaktifan guru saat mengajara di sekolah bahkan juga hingga proses penilaiannya.

Kedua, memperhatikan dan memberikan arahan. Saat sedang melakukan kegiatan ini, pimpinan sekolah dapat memberikan arahan pada guru dan memastikan bahwa apakah kegiatan belajar secara daring ini sudah sesuai pelaksanaaanya meliputi indikator misalnya, (1) pimpinan sekolah wajib memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah tercapai meskipun dalam kondisi daring; (2) pimpinan sekolah juga perlu memastikan bahwa guru dapat memberikan metode pengajaran yang menarik, sehingga murid dapat menerimanya dengan baik; (3) harus dipastikan jika pengajaran memang dilakukan dengan benar, tidak hanya memberikan tugas saja kepada para siswa; (4) Guru dapat melakukan interaksi sosial yang baik dengan para siswa. Contohnya guru dapat memberikan bantuan pada siswa yang dirasa kesulitan menerima pembelajaran; (5) pimpinan sekolah juga perlu memastikan bahwa pembelajaran tidak hanya berjalan namun juga sesuai dengan kemampuan guru dan peserta didik.

Sebagaimana tugasnya, seorang pimpinan di sekolah tentu wajib melakukan manajemen dan koordinasi kepada semua elemen pembelajaran yang bersangkutan, baik itu guru maupun murid. Adapun dengan dilakukannya koordinasi dan pemberian arahan yang baik, maka tujuan pembelajaran di sekolah dapat tercapai meskipun sedang dalam pembelajaran online sekalipun. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *