NGAWI – Kilasfakta.com, Pemerintah Desa Wonorejo, Kecamatan kedunggalar, Kabupaten Ngawi bersama UPT Puskesmas Kedunggalar laksanakan progam vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Kegiatan ini berlokasi di halaman depan kantor Desa Wonorejo, pada hari kamis ( 17/7/2021).

Kegiatan vaksinasi ini diikuti oleh 158 peserta yang terdiri dari pelayan Publik dan Masyarakat Desa Wonorejo.

Kepala Desa Wonorejo Nuryanto mengatakan, kegiatan vaksinasi ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, setiap peserta diwajibkan untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, dan membawa hand sanitizer. Mengingat banyaknya jumlah peserta yang akan melaksanakan vaksin, kegiatan ini dilakukan secara bertahap yang sat ini merupakan kegiatan vaksinasi tahap pertama. InsyaAllah untuk tahap ke dua akan kita laksanakan pada bulan agustus mendatang, ujar kades.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, seluruh peserta terlebih dahulu mengisi formulir yang telah dibagikan sebelumnya untuk mengetahui riwayat penyakit atau keluhan yang dirasakan sebelum pelaksanaan vaksin, setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis yang berasal dari UPT Puskesmas Kecamatan kedunggalar, mulai dari pengecekan suhu tubuh hingga tekanan darah. Peserta yang telah dinyatakan aman dalam tahap pemeriksaan akan langsung dilaksanakan vaksinasi.

Progam vaksinasi Covid-19 ini sendiri dilaksanakan berdasarkan arahan Pemerintah yang menyatakan bahwa vaksin akan diberikan ke kelompok prioritas setelah tenaga medis, yaitu masyarakat terutama pada warga lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik.

Nuryanto (kades wonorejo) berharap dengan adanya program vaksinasi ini dapat segera memutus laju penyebaran Covid-19 dan seluruh kegiatan pelayanan publik khususnya di Desa Wonorejo dapat berjalan normal, pungkasnya.

Di tempat yang sama kepala UPT Puskesmas Kedunggalar Endy Roekmono SKM mengatakan, target di desa Wonorejo 158 peserta vaksin tapi saat ini kita membawa 300 vaksin. takutnya seperti kejadian di desa Jatigembol kemaren pendaftar 180 tapi yang hadir 212 peserta. desa Wonorejo sebagai desa terakhir, jadi saat ini kita bawakqn sisa vaksin yang berjumlah 300 vaksin. Di desa Wonorejo saat ini baru di vaksin dosis pertama, dan untuk dosis yang kedua akan kita laksanakan nanti di bulan Agustus mendatang, nanti kalau vaksinya sudah datang akan kita sampaikan ke desa – desa di kecamatan Kedunggalar.

Harapan kami dengan adanya vaksinasi ini bisa mencegah meluasnya wabah Covid-19, dan kami atas nama Puskesmas Kedunggalar meminta kesadaran bagi warga masyarakat wonorejo, terutama Lansia dan Pelayan Publik Desa Wonorejo agar bersedia di vaksinasi apalagi ada sebagian masyarakat yang sebagai pelayan publik berkontak erat dengan pelayanan masyarakat. Akan tetapi meskipun sudah divaksinasi, kita harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tetap disiplin dalam 5M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas, pungkasnya.

 

(Agus Cahyono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *