Oleh. Asrofah, S.Pd.SD.

(Guru SDN Margomulyo Kec. Tayu Kab. Pati)

Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting, karena semua keterampilan berbahasa akan dilatih dengan lebih melalui pelajaran tersebut. Terutama pada jenjang sekolah dasar (SD) karena jenjang ini merupakan dasar dari semua jenjang pendidikan. Meskipun sekarang telah menggunakan kurikulum baru dimana peserta didik meggunakan pembelajaran tematik dengan bantuan buku tema, hal tersebut membuat seluruh mata pelajaran berintegrasi menjadi satu. Namum dengan adanya hal tersebut maka seluruh keterampilan berbahasa akan digunakan dalam setiap pembelajaran yang peserta didik lakukan. Salah satu keterampilan berbahasa adalah membaca, dimana kegiatan membaca merupakan salah stau kegiatan yang sangat penting bagi setiap orang, karena dapat meningkatkan kemampuan atau wawasan seseorang. Kegitan membaca merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Namun, masih banyak orang yang kurang berminat dalam kegiatan membaca ini.

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI SDN Margomulyo Tayu Pati, guru menerapkan Metode Guide Reading. Metode ini diterapakan pada materi KD 3.7 Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya). Tujuan pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal pemahaman kata. Keberhasilan pembelajaran ini sangat berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran yang lain.

Ketercapaian tujuan pembelajaran pada materi ini menjadi penting. Hal ini disebabkan karena siswa yang mudah memahami sebuah bacaan atau materi maka akan mudah memahami materi pada mata pelajaran yang lain. Pemahaman pada semua mata pelajaran akan dipengaruhi oleh adanya pemahaman kata oleh siswa. Siswa yang mudah dalam memahami sebuah kata, tentu akan mudah pula ketika memahami kalimat bahkan sebuah paragraph secara utuh.

Metode guide reading menurut Abidin (2012;90) adalah metode pembelajaan terbimbing untuk membantu siswa dalam menggunakan strategi belajar membaca secara mandiri. Dengan demikian bahwa metode pembelajaran guide reading dapat membantu membimbing peserta didik dalam proses kegiatan membaca. Agar dapat belajar pada materi ini siswa harus mempunyai kemampuan awal dalam kecepatan membaca. Kemampuan membaca cepat akan meningkatkan pemahaman siswa. Siswa dapat mendeteksi kata-kata penting yang menjadi kata kunci dalam sebuah bacaan. Kata kunci tersebut merupakan inti dari kalimat yang merupakan inti dari sebuah bacaan tersebut.

Metode Guide Reading merupakan merupakan salah satu bagian dari metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan cara memberikan buku teks kepada siswa secara individu untuk dijadikan bahan yang akan dipelajari dan yang akan dibahas oleh guru saat pembelajaran berlangsung. Metode ini bertujuan agar siswa mampu memahami makna kata-kata penting yang ada dalam bacaan. Guru dalam pembelajaran ini bertindak sebagai fasilitator, yang bertugas menjelaskan ketika anak mengalami kesulitan dalam pembelajaran.

Tujuan akhir dari pembelajaran ini adalah siswa mampu memahami arti kata dari kata-kata yang ada dalam bacaan. Kata kunci dari tiap paragraf bacaan dan pokok pikiran dari suatu bacaan. Melalui metode Guide Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bagi siswa Kelas VI. (*)

Artikel ini telah diterbitkan di Media Kilas FAKTA edisi 199

Terima kasih atas tanggapannya

%d blogger menyukai ini: