Oleh : Indri Setyawati (Mahasiswa Ipmafa-Pati, Fakultas Tarbiyah)

Virus corona telah dinyatakan masuk ke Indonesia sejak Bulan November 2020. Hal ini menjadi salah satu Pandemi dan membawa kekhawatiran tersendiri kepada masyarakat seluruh penjuru dunia. Masyarakat mempersiapkan Berbagai alternatif pencegahan yang ditimbulkannya, baik untuk penyintas maupun warga yang dinyatakan negarif.

Selain itu pemerintah juga berupaya memberikan himbauan untuk apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan, diantaranya: sering mencuci tangan atau gunakan handsanitizer disetiap saat, menggunakan masker saat keluar rumah atau saat sedang sakit, menjaga jarak dengan sekitar atau menghindari kerumunan, olahraga teratur, istiraha yang cukup, dan memakan makan yang bergizi dan sekiranya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, dalam hal menjaga daya tubuh, orang jawa mempercayai empon-empon sebagai jamu tradisional untuk mencegahnya dari berbagai penyakit. Namun ramuan tradisional ini hanya untuk pencegahan dan menjaga daya tahan tubuh bukan sebagai vaksin atau obat ketika orang sudah terjangkit virus.
Empon-empon sendiri terdiri dari berbagai bahan yang dapat kalian pilih. Diantaranya: kunyit, asam, jahe, kencur, temulawak, sereh, dan sebagainya. Berikut resep dari beberapa empon-empon atau jamu tradisional penangkal virus corona covid-19 yang dapat dipraktikkan di rumah:

Beras Kencur
Beras kencur kini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun cara pengolahannya adalah sebagai berikut:
Bahan-bahan: Kencur, Beras, Daun Pandan, Air, Gula Jawa, Garam, Dan Jeruk Nipis Secukupnya.
Kemudian alat-alat yang bisa kalian gunakan antara lain: Pisau, Sendok, Panci, Wadah, Cobek dan Ulekan Atau kalian bisa menggunakan Blender.
Langkah-langkah:
Sebelum memasaknya di atas kompor, pastikan beras telah dipersiapkan dengan cara direndam selama semalaman, dan gunakan gula jawa yang telah disisir terlebih dahulu.
Rebus air hingga mendidih. Setelahitu, masukkan bahan yang sekiranya dapat mencair terlebih dahulu seperti halnya gula jawa dan garam.
Setelah beberapa saat atau sudah cair, kalian bisa tambahkan daun pandan agar lebih harum dan sedap. Aduk bahan-bahan tersebut hingga larut dan merata. Setelah selesai, diamkan beberapa saat.
Haluskan beras dengan diberi sedikit air gula dan garam. Sisihkan ke dalam wadah lain. haluskan kencur dengan diberi sedikit air gula dan garam secukupnya kemudian campurkan dengan beras yang telah lebih dahulu dihaluskan. Setelah selesai, tuangkan ke dalan wadah menggunakan saringan agar ampas dapat dipisahkan.
Jangan buang ampas yang telah dipisahkan tersebut. Ampas beras dan kencur yang telah dipisahkan kemudian ditambahkan dengan sedikit air gula. Kemudian aduk hingga tercampur rata di dalam suatu wadah lalu saring kembali. Lakukan hingga air gula yang Anda persiapkan habis. Untuk mengurangi rasa pahit, dapat menambahkan dengan air jeruk nipis. Jamu beras kencur siap untuk dikonsumsi.

Kunyit Asam
Dalam masyarakat jawa, kunyit asam dikenal sebagai jamu yang dapat meredakan peradangan, mengendalikan gula darah, mengurangi rasa mual, dan lain sebagainya. Selain begitu, kalian juga dapat memanfaatkan jamu ini sebagai pencegahan virus corona covid-19.
Nah, untuk membuat jamu ini, Persiapkan bahannya terlebih dahulu, yakni sebagai berikut:
Bahan-bahan:
Kunyit atau kalian bisa menggunakan kunyit bubuk, gula merah atau gula pasir, asam jawa, air, dan garam secukupnya.
Cara memasaknya:
Kupas kunyit hingga bersih kemudian cuci dengan menggunakan air setelah itu tumbuk kasar kunyit yang telah dikupas tersebut.
Rebus air hingga di panci bersih hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan semua bahan lalu tutup panci.
Rebus semua bahan dengan api kecil hingga matang. Tunggu hingga 20 menit. Rasa dapat menyesuaikan dengan selera. Apabila dirasa kurang manis, bisa menambahkanya dengan gula. Begitupun sebaliknya. Setelah dirasa sudah cukup dengan rasanya, tinggal tuang ke dalam gelas menggunakan saringan. Dan Kunyit asam telah siap untuk disajikan.

Wedang Teh Jahe
Empon-empon yang bisa kalian pilih adalah jahe, jahe adalah empon-empon yang memiliki banyak manfaat yang diperlukan oleh tubuh, kalian juga bisa memanfaatkan sebagai pencegahan berbagai virus covid-19. Kalian dapat mengonsumsinya secara rutin untuk hasil yang maksimal, yakni setiap pagi dan sore.
Bahan-bahan yang hkalian perlukan untuk membuat wedang teh jahe, antara lain:
air, teh, gula merah, garam, jeruk nipis atau asam jawa, dan jahe secukupnya. Kemudian persiapkan alat-alatnya seperti cobek dan ulekan, panci, dan sendok.
Cara memasak:
Haluskan bahan-bahan yang telah dipersiapkan. Terpisah, rebus air selama 10 menit lalu masukkan teh. Aduk hingga merata. Kemudian masukkan bahan-bahan yang telah dihaluskan tersebut. Aduk kembali hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan kompor. Wedang teh jahe siap untuk disajikan.
Nah, itulah diantara tanaman herbal yang sangat dipercaya masyarakat Indonesia dalam menangkal berbagai penyakit dan virus. Dengan ini saya sebagai penulis mengucapkan terimakasih dan semoga bermanfaat yaahhh!!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *