Pati – Kilasfakta.com, Yayasan Bakti Acarya Pertiwi merupakan organisasi kemasyaratan yang bergerak dalam bidang Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan. Fokus kegiatan yang dilakukan lembaga ini adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Pati Khususnya dan Di Indonesia pada umumnya. Lembaga ini aktif dalam memberikan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan oleh para guru.

Pada tahun 2021-2023 Yayasan Bakti Acarya Pertiwi merupakan lembaga yang telah ditunjuk oleh Kemendikbudristek bersama 156 Ormas di Indonesia untuk menjalankan Program Organisasi Penggerak (POP). Program ini merupakan kerjasama Kemedikbudristek untuk menggali praktik baik (Best Practice) yang telah dilaksanakan oleh organisasi untuk diterapkan dalam dunia pendidikan. Yayasan Bakti Acarya Pertiwi menjalankan proposal dengan judul “Peningkatan Literasi Digital Bagi Guru SD di Kabupaten Pati”.

Pendampingan di Sekolah Sasaran

Program terbagi menjadi 3 kategori antara lain:

  • Kijang dengan jumlah sekolah sasaran 5-20 sekolah dengan pembiayaan sebesar maksimal 1 Milyar.
  • Macan dengan jumlah sekolah sasaran 21-100 sekolah dengan pembiayaan sebesar maksimal 5 Milyar.
  • Gajah dengan jumlah sekolah sasaran lebih dari 100 sekolah dengan pembiayaan sebesar maksimal 20 Milyar.

Baca Juga: Kurikulum Prototipe 

Baca Juga: Kemendikbudristek Meluncurkan Aplikasi Merdeka Mengajar



Yayasan Bakti Acarya Pertiwi mengajukan proposal dengan kategori kijang dengan jumlah sekolah sasaran 20 sekolah dasar di Kabupaten Pati. Payung hukum dari pelaksanaan program ini adalah Nota Kesepahaman antara BAP dan Kemendikbudristek yang ditandatangani antara oleh Ketua Yayasan dan Dirjen GTK. Nota Kesepahaman bernomor:  3901/B/HK.02.06/2021 dan 07/BAP/VII/2021 Sekolah yang menjadi sasaran Program Organisasi Penggerak (POP) adalah sebagai berikut:

  1. SDN Pekuwon Kecamatan Juwana
  2. SDN Wedarijaksa 01 Kecamatan Wedarijaksa
  3. SDN Sambilawang Kecamatan Trangkil
  4. SDN Soneyan 02 Kecamatan Margoyoso
  5. SDN Tayu kulon 01 Kecamatan Tayu
  6. SDN Dukuhseti 02 Kecamatan Dukuhseti
  7. SDN NGablak 01 Kecamatan Cluwak
  8. SDN Gunungwungkal 01 Kecamatan Gunungwungkal
  9. SDN Tlogowungu 01 Kecamatan Tlogowungu
  10. SDN Gembong 02 Kecamatan Gembong
  11. SDN Sukoharjo 03 Kecamatan Margorejo
  12. SDN Sugihrejo 02 Kecamatan Gabus
  13. SDN Kropak 02 Kecamatan Winong
  14. SDN Sinomwidodo 03 Kecamatan Tambakromo
  15. SDN Slungkep 02 Kecamatan Kayen
  16. SDN Cengkalsewu 01 Kecamatan Sukolilo
  17. SDN Pucakwangi 01 Kecamatan Pucakwangi
  18. SDN Plosojenar Kecamatan Jakenan
  19. SDN Sukorukun Kecamatan Jaken
  20. SDN Mangunlegi 01 Kecamatan Batangan

Pendampingan di Sekolah Sasaran

Sekolah-sekolah tersebut akan menerima pelatihan dari Yayasan Bakti Acarya Pertiwi selama 3 tahun anggaran yaitu tahun 2021, 2022, dan 2023. Pelatihan yang akan dilaksanakan adalah:

  1. Tahun 2021 diprogramkan pelatihan Pemmbuatan Kelas Maya Bagi Guru, dan Pelatihan Pembuatan Soal Online bagi Guru.
  2. Tahun 2022 diprogramkan 1) Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint, 2) Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video (Youtube), 3) Pelatihan Pembuatan Animasi Pembelajaran.
  3. Tahun 2023 diprogramkan 1) Pelatihan Pembuatan Aplikasi Android untuk pembelajaran, 2) Pembuatan Media Pembelajaran Manual, 3) Pelatihan Pembuatan Blog guru dan web Sekolah untuk Pembelajaran.




Semoga Program ini membawa manfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia dan di Kabupaten Pati khususnya. Tujuan utama program ini adalah mendukung program merdeka belajar menuju profil pelajar Pancasila.

11 thoughts on “Yayasan Bakti Acarya Pertiwi Pelaksana Program Organisasi Penggerak (POP) Kemendikbudristek di Kabupaten Pati”
  1. It’s actually a great and helpful piece of info. I am glad that you shared this helpful information with us. Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *