NGAWI – Kilasfakta.com, Program Bantuan Keuangan (BK) Sapras bersifat khusus dengan kategori infrastruktur yang dikucurkan pemerintah daerah Ngawi sangat membantu dan memberikan dampak positif untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Demikian halnya dengan Desa Ploso, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi telah merampungkan program BK sekitar 80 persen untuk pavingisasi jalan lingkungan di rt 004 rw 001 dengan volume 400 x 4 meter dengan anggaran Rp 250.000.000 juta.

Program awal rencana pembangunan desa yang semestinya bersumber dari Dana Desa untuk melakukan pembangunan pada infrastruktur tetapi karena adanya pandemi corona (Covid-19) sehingga realisasi dana desa tahap pertama digunakan untuk penyaluran BLT – DD. Begitu juga untuk tahapan dana desa selanjutnya yang akan difocuskan pada damian pandemi Covid-19.

Kepala Desa Ploso Hermawati mengatakan, infrastruktur pembangunan di Desa Ploso baik yang sudah atau dalam tahap pembangunan dari sub sektor anggaran pembangunan dan pemerintahan. ”Anggaran itu bersumber dari anggaran dana desa, bantuan keuangan (BK ) dan lainnya, kebetulan disaat kondisi perpanjangan PPKM BK tahun anggaran 2021 sudah turun dan segera direalisasikan oleh TPK desa untuk pavingisasi jalan lingkungan,” papar Kades Ploso.

Untuk tahap ini, kata Kades Ploso, saat ini sudah terserap semuanya untuk pavingisasi jalan lingkungan.

Dari total anggaran BK sudah terserap hampir 80 persen. “Dengan adanya program bantuan keuangan dari pemerintah daerah akan sangat membantu dan memperlancar roda perekonomian sehingga terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat,” pungkasnya. (c.roviek.s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *